Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Tenaga Kerja Ijin Kerja

Berikut ini adalah persyaratan dari pemerintah Indonesia untuk aplikasi untuk KITAS dan Ijin Kerja:

A. PRIBADI (PEKERJA):

1. Rekaman paspor yang masih berlaku minimal 18 bulan di halaman penuh (seluruh buku);
2. Rekam sertifikat pendidikan (kualifikasi paling baru cukup);
3. Rekaman referensi kerja (pengalaman kerja) dalam bahasa Inggris atau terjemahan ke dalam bahasa Indonesia (dari perusahaan sebelumnya);
4. Kurikulum saat ini riwayat ditandatangani oleh ekspatriat yang bersangkutan (asli);
5. Foto: 4 X 6 CM = foto berwarna 16 (dengan latar belakang merah)
3 X 4 CM = foto warna 4 (dengan latar belakang merah)
2 X 3 CM = foto berwarna 5 (dengan latar belakang merah)

B. KELUARGA ISTRI & ANAK (NON PEKERJA):

1. Rekaman paspor yang masih berlaku minimal 18 bulan di halaman penuh;
2. Rekam sertifikat pernikahan (istri / suami);
3. Catatan akte kelahiran atau mendaftar keluarga (anak);
4. Foto: 4 X 6 CM = foto berwarna 10 (dengan latar belakang merah)
3 X 4 CM = foto berwarna 3 (dengan latar belakang merah)
2 X 3 CM = foto berwarna 3 (dengan latar belakang merah)

C. PERUSAHAAN:

1. Rekaman Akta pendirian perseroan terbatas (PT);
2. 10 lembar kop surat perusahaan (tanda & memotong pilihan);
3. Rekaman kartu Identitas yang masih berlaku atau paspor Direksi;
4. Record penerimaan dari Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia untuk disetujui Perusahaan;
5. Rekaman SP PMA Lisensi (Surat Pemberitahuan Investasi PMA);
6. Rekaman terakhir 6 bulan saat laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM);
7. Rekaman Surat Penunjukan atau Risalah Rapat Umum Pemegang Saham untuk posisi Direktur.
8. Catat nomor Wajib Pajak (NPWP);
9. Rekaman tanda pendaftaran Perusahaan (TDP);
10. Rekaman domisili perusahaan;
11. 2 (dua) kartu identitas karyawan lokal sebagai mitra untuk tenaga kerja asing dan surat pengangkatan mereka;
12. Organisasi perusahaan struktur / bagan;
13. Rekaman Perjanjian kerja antara perusahaan dan tenaga kerja asing;
14. Rekam slip pembayaran Keahlian dan Skill dana Pembangunan (DPKK): Rp 1.200 per pekerja / tahun setelah mendapatkan KITAS untuk ditempelkan untuk IKTA (Izin Kerja aplikasi).

D. WAKTU PENGOLAHAN:

• RPTKA untuk VITAS: / - 3 minggu
• KITAS untuk IKTA: / - 2 minggu
• Lainnya: / - 1 minggu
Proses Aplikasi

Informasi berikut ini akan membantu untuk memandu Anda untuk memahami dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh ekspatriat yang bekerja dan tinggal di Indonesia.

Pertama kita berlaku untuk (1) UU No 7 / 1981 (Wajib Laporan Tenaga Kerja Perusahaan) dari Departemen Tenaga Kerja Daerah (DEPNAKER WILAYAH).

Untuk berlaku untuk KITAS (Izin Tinggal) dan IKTA (ekspatriat ijin kerja) PMA / PMDN perusahaan pertama akan menyampaikan (2) RPTKA (rencana penggunaan ekspatriat) aplikasi dalam hubungannya dengan jumlah dan posisi ekspatriat disetujui dalam Surat Pemberitahuan Investasi Langsung Asing (SP PMA) ke BKPM / BKPMD.

BKPM / Departemen Tenaga Kerja akan mengeluarkan persetujuan RPTKA kepada perusahaan / PMA PMDN dan salinan kepada Menteri Tenaga Kerja dan Menteri sektoral yang bersangkutan dan BKPMD tersebut.

Setelah penerbitan persetujuan RPTKA, perusahaan PMA wajib mengajukan visa Tinggal Terbatas (Visa Tinggal Terbatas / VITAS) aplikasi ke BKPM / Departemen Tenaga Kerja dengan mengisi formulir dari Ppt.2. Ppt.2 ini dievaluasi, BKPM / Departemen Tenaga Kerja akan mengeluarkan surat rekomendasi dalam bentuk (3)-TA 01 kepada Direktur Jenderal Imigrasi.

Berdasarkan rekomendasi-01 Ta, Direktorat Jenderal Imigrasi akan mengirimkan teleks kepada Kedutaan Indonesia / Konsulat di luar negeri untuk mengeluarkan Visa Tinggal Terbatas (4) VITAS.

Pada dasar Visa Tinggal Terbatas (VITAS), para ekspatriat yang bersangkutan akan diizinkan masuk ke Indonesia dan harus melapor ke kantor Imigrasi Daerah dalam waktu 7 hari dengan melampirkan paspor dan kartu embarkasi untuk melakukan fingerprinting untuk mendapatkan (5) KITAS ( Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan (6) POA (Alien Registration / Blue buku).

Para ekspatriat yang diizinkan untuk tinggal di Indonesia untuk jangka waktu 1 tahun sejak tanggal masuk ke Indonesia dan izin ini dapat diperpanjang selama 3 kali berturut-turut, dengan masing-masing perpanjangan selama 1 tahun. Jika perusahaan menginginkan asing untuk terus bekerja di Indonesia, mereka harus membuat KELUAR IZIN HANYA (EPO) dan masuk ke Indonesia dengan VITAS baru dan KITAS. Pengecualian untuk EXIT IZIN HANYA (EPO) diberikan untuk posisi direksi.

Penerbitan (7) IKTA (ekspatriat ijin kerja) oleh BKPM atas nama Menteri Tenaga Kerja atau oleh Direktorat Departemen Tenaga Kerja setelah melampirkan DPKK wajib (biaya pelatihan) salinan slip pembayaran sebesar USD 1.200 per tahun dalam setiap BNI Bank atas nama Departemen Tenaga Kerja.

The RPTKA digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian IKTA. Setelah IKTA kita lanjutkan untuk (8) SKPPS (Sertifikat Pendaftaran Tinggal Sementara) dari kantor Daerah Kota pelayanan penduduk (Sudin Kependudukan), (9) SKTT (sementara Domisili bagi orang asing) dari Hunian Kepala Desa (Kelurahan) , (10) SKLD (Surat Keterangan Pendaftaran Mabes Polri) dari markas polisi untuk pengawasan orang asing dalam waktu 30 hari setelah KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) penerbitan (11) STM (Surat Tanda Melapor) dari Polres Daerah Station (POLRES) dan terakhir (12) Lapor Keberadaan (laporan kehadiran ekspatriat) dari Departemen Tenaga Kerja Daerah (DEPNAKER WILAYAH).

KITAS Flow Prior to Arrival [PDF 384 KB]

KITAS Flow After Arrival [PDF 92KB]