Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata
Wisata
alt     

KABUPATEN WONOGIRI
Kabupaten Wonogiri dengan Ibukotanya Kota Wonogiri, dengan luas wilayah ± 182.236,0236 ha. Secara geografis terletak pada posisi 7° 32’ - 8° 15’ Lintang Selatan dan 110°41’ – 111° 18’ Bujur Timur.
Dan berabatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Ponorogo di sebelah Timur. Dan Kabupten Wonosari disebelah barat, Kabupten Sukuharjo dan Kabupaten Karanganyar disebelah utara, kabupaten Pacitan  dan Samudera Indonesia disebelah selatan. Saya tarik wisata Kabupaten Wonogiri : sungai Wani, Goa Pitri Kencono, Pantai Sembukan, Air Terjun Giri Manik, Agro Wisata Alam Sari/Karamba, Taman Sendang Asri, Taman Ria Khayangan.

alt

Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur terletak ± 2,5 Km arah selatan Kota Wonogiri. Panorama alam yang asri, indah dan sejuk dengan fasilitas Rumah Makan Apung, Keramba, Hotel, Rumah Makan Special Ikan Bakar sangat tepat sebagai pelepas dan tempat istirahat yang nyaman bagi keluarga.

alt

Sendang Asri
Obyek ini terletak  di Desa Sendang, Kec. Wonogiri ditepi Waduk Gajah Mungkur, 6 km arah barat Kota Wonogiri, daya tarik yang dijual selain wisata air ( perahu motor, jet ski, jet boat ), kebun binatang mini, pada event tertentu dapat mnikmati, ganthole, paralayang, dayung, balap sepeda, upacara jamasan pusaka Mangkunegaran I dsb.
Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, Tempat pemancingan, rumah makan, penginapan, arena mainan anak-anak.

alt

Khayangan
Merupakan tempat petilasan pertapaan raja-raja dan priageng Jawa, sampai sekarang tempat ini dikeramatkan oleh Kasultanan Yogyakarta dan setiap sewindu sekali diadakan acara labuhan hageng oleh Kasultanan Yogyakarta, dan setiap selasa Kliwon dan malam Jum’at Kliwon banyak dikunjungi dengan tujuan nyepi dan minta berkah. Lokasi Khayangan di Desa Dlepih, Kec. Tirtomoyo berjarak 50 km dari Kota Wonogiri kearah tenggara.

alt

Goa Putri Kencono
Goa Putri Kencono ini terletak di  desa Wonodadi, berjarak 8 km  dari kecamatan Pracimantoro. Gua ini mempunyai luas 1000m2 dan mempunyai stalagmit dan stalagnit yang indah, dilengkapi dengan fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, warung makan, kios cenderamata.

alt

Pantai Nampu/Sembukan
Pantai Nampu dan Sembukan terletak di Kecamatan Paranggupito kurang lebih 40 Km arah selatan Kota Wonogiri. Pantai Sembukan terkenal sebagai pantai ritual yang ramai dikunjungi orang untuk bermeditasi dan ngalab berkah. menurut legenda pantai ini sebagi pintu gerbangnya kerajaan Nyi Roro Kidul dan setiap bulan suro diadakan upacara labuhan.
Pantai Nampu sangat elok dan alami dengan hamparan pasir putih dan pantai yang sangat panjang cocok untuk rekreasi keluarga dengan minuman kas air kelapa muda. Disamping pantai Nampu juga tidak kalah eloknya adalah pantai sembukan yang jaraknya dari Kantor Kecamatan Parnggupito kurang lebih berjarak 3,5 km, juga pada waktu-waktu tertentu diadakan acara larung yang juga dilanjutkan dengan acara wayangan.

alt

Argo Wisata Alam Asri
Terletak 9 km dari Kota Wonogiri kearah barat daya, Alam Asri merupakan  tempat pengembangan berbagai jenis ikan air tawar dengan memanfaatkan air waduk dengan sistim jala dan karamba terapung. Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, warung makan terapung, arena pemancingan.

alt

Wisata Girimanik
Salah satu daya tarik wisata spiritual di Wonogiri wisata spiritual di Kecamatan Tirtomoyo, Paranggupito dan Slogohimo. Wisata alam Girimanik terdapat tiga air terjun, yakni air terjun Manikmoyo, air terjun Condromoyo, dan air terjun Tejomoyo. Pemandangan alam pegunungan yang asri dan alami dan air terjun serta Sendang Drajat dan Sendang Kanastren menjadi daya tarik tersendiri.
Setiap tahun, di Setren dilangsungkan upacara adat susuk wangan, yakni upacara syukur dari warga Setren atas hasil bumi yang diraih. Saat upacara susuk wangan itu, pengunjung bisa melihat ratusan ayam panggang yang dipersembahkan oleh para petani kepada Sang Khalik.

alt

Keunikan Seni Budaya
Jamasan pusaka R. Mas Said, upacara jamasan pusaka peninggalan RM. Said (Mangkunegoro I) dilaksanakan pada bulan Suro di obyek wisata Sendang Asri. Maksud dan tujuan penyelenggaraan upacara jamasan pusaka Mangkunegaran adalah untuk mendapatkan keselamatan, perlindungan dan ketenteraman. Bagi sebagian masyarakat Selogiri, benda-benda pusaka tersebut dianggap mempunyai kekuatan gaib yang akan mendatangkan berkah apabila dirawat dengan cara dibersihkan atau dimandikan. Apabila tidak dirawat, mereka percaya “isi” yang ada di dalam benda-benda keramat tersebut akan pudar atau malah hilang sama sekali dan hanya berfungsi sebagai senjata biasa. Selain itu, fungsi lain dari jamasan adalah agar senjata-senjata pusaka tersebut tidak lekas rapuh dan dapat bertahan lama. Pusaka yang sudah cukup tua apabila tidak dirawat dengan semestinya, maka kemungkian besar akan menjadi berkarat dan akhirnya rusak. Untuk itu, perlu dilakukan perawatan secara berkala agar apabila terdapat kerusakan dapat diketahui secara dini

alt

Kuliner
Cabuk, makanan/lauk yang terbuat dari bahan residu minyak wijen

alt

Cinderamata
Tatah sungging, kerajinan wayang dari bahan kulit dan kertas

 
kabpurbalingga

KABUPATEN PURBALINGGA

Dengan ibukotanya Kota Purbalingga, dengan luas wilayah 777,65 km2.  Sedangkan geografis wilayahnya terletak di cekungan yang diapit oleh pegunungan, disebelah utara merupakan rangkaian pegunungan (Gunung Slamet dan Dataran Tinggi Dieng) sedangkan disebelah sealtan merupakan Depresi Serayu  dan pada posisi 1010 11’ – 1090 35’ Bujur Timur, 70 10’ – 70 29’ Lintang Selatan, kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara di sebelah timur, kabupaten Banyumas di sebelah barat, kabupaten Pemalang di sebelah utara, kabupaten Banyumas dan Banjarnegara.  Daya tarik wisata di Kabupaten Purbalingga antara lain: Goa Lawa, Pendakian Gunung Slamet, Wana Wisata Serang, Taman Curug Gringsing, Bumi Perkemahan Munjuluhur, Petilasan Ardi Lawet Panusupan, MTL. Jend. Sudirman, Obyek Wisata air Bojongsari (OWABONG), Kolam renang Tirto Asri, Taman Reptil, River World Purbasari Pancuran Mas, Desa Wisata Karangbanjar.

alt     

Goa Lawa
Goa ini terbentuk karena proses pendingan lava dari aliran lava gunung slamet sehingga batuannya keras dan hitam.  Terletak di desa sirawak, kec. Karangrejo, berjarak sekitar 27 km dari Kota Purbalingga dengan ketinggian sekitar 900 m diatas permukaan laut.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, panggung terbuka, warung makan, kios cinderamata.

alt

OWABANG
Terletak di Jalan Owabang Bojongsari Purbalingga.  Merupakan obyek wisata air terbesar dan termodern di Jawa Tengah dengan kolam yang sangat jernih dengan air langsung dari sumber mata air pegunungan, sejuk dan menyegarkan, terdapat luncuran sepanjang 70 m dengan tinggi menara 12 m.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, kios cinderamata, warung makan, sirkuit gokart, kolam permainan, rest area, film 4 dimensi, mushola

alt

Taman Reptil
Obyek wisata taman reptil dan serangga yang memiliki koleksi ratusan hewan dari dalam dan luar negeri ini berlokasi di Desa Karangbanjar, Kec. Kutasari, Kab. Purbalingga.  Provinsi Jawa Tengah.  Taman seluas sekitar 2 hektar ini memiliki koleksi ribuan serangga termasuk serangga yang unik.  Dari jenis reptil, ada buaya, kobra, biawak dan kadal serta iguana.  Tempat wisata ini sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak/pelajar tentang dunia binatang.  Di tempat ini mereka dapat melihat dan mempelajari leih dalam tentang dunia reptil dan serangga, melalui koleksi pustaka lengkap yang tersedia.  Dengan cara ini mereka tidak akan takut lagi melihat langsung reptil.  Bahkan jenis iguana dibiarkan berkeliaran bebas di halaman sehingga mereka dapat menyentuh langsung.

alt

Agrowisata Strawberry
Merupakan kawasan obyek wisata potensial yang berbasis masyarakat, artinya keberadaannya masih secara tradisional dikelola oleh kelompok tani setempat yang menawarkan hamparan kebun sayur-mayur dan buah strawberry seger.  Wisatawan yang berkunjung akan diantar ke kebun untuk memetik sendiri baik sayur-mayur maupun buah strawberry.  Dan setelah selesai wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati pemandangan yang indah sejuk dan menawan.  Sambil menikmati jenang dodol strawberry dan minum juice strawberry.  Tempat ini terletak di desa Serang dan Kutabawa, Kecamatan Karangreja 25 km dari pusat kota Purbalingga.

alt

MTL. Jend.  Sudirman
Monumen Tempat lahir Jenderal Sudirman terletak di Desa Bantarbaran, Kec. Rembang, berjarak kurang lebih 26 km dari Kota Purbalingga kearah timur.  Monumen ini diremikan pada tanggal 21 Maret 1979 oleh Jenderal Surono, mobumen ini berbentuk duplikat rumah tempat lahirnya.
Jenderal Sudirman lengkap dengan pendopo, masjid, perpustakaan dan relief kegiatan perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman dan dibangun untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa beliau terhadap Negara.

alt

Petilasan Ardi Lawet Panusupan
Ardi Lawet merupakan petilasan salah satu tokoh islam yang bernama Kyai Jambukarang.  Terletak di desa Panusupan, Kec.  Rembang, berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Purbalingga kearah timur.  Untuk mencapai petilasan tersebut harus melalui jalan setapak yang naik sekitar 3 km.

alt

Taman Curug Gringsing
Terletak di jantung kota tepatnya jalan Kompol Notosumarsono, merupakan taman bermain anak-anak yang dilengkapi dengan kebun binatang mini dan sarana sepeda air.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan.

alt

Bumi Perkemahan Munjuluhur
Bumi perkemahan dengan pemandangan yang masih alami, terletak di desa karangbanjar.

alt

Pendakian Gunung Slamet
Pendakian dengan berjalan kaki mulai dari gunung malang di desa serang dan gunung grumbul alur bambangan di desa kutabawa, jarak dari grumbul sampai ke puncak gunung slamet dapat ditempuh selama 6 jam perjalanan kaki.  Terletak kurang lebih 30 Km dari pusat Kota Purbalingga kearah barat laut.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, pondok penampungan, pos-pos peristirahatan,

alt

Desa Wisata Karangbanjar
Di desa Wisata karang banjar ini, dapat melihat secara langsung proses pembuatan rambut palsu, bulu mata palsu, sapu lidi, sapu ijuk, sanggul.  Telah tersedia fasilitas “homestay” di rumah penduduk dengan biaya yang sangat terjangkau.  Suasana pedesaan yang sejuk, makanan khas daerah setempat, penduduk yang ramah membuat suasana yang semakin nyaman serta menikmati pertunjukan tradisional khas Purbalingga, yang dimainkan oleh para penduduk desa tersebut.

alt

Wana Wisata Serang
Merupakan Obyek Wisata dengan panorama alam yang indah dikelilingi oleh hutan pinus.  Terletak sekitar 22 km dari Kota Purbalingga, untuk mencapai tempat tersebut melalui dua pintu yaitu pintu gerbang Baturaden dan pintu gerbang Serang di Kec. Karang Purbalingga.

alt

River World Purbasari Pancuran Mas
Merupakan sarana pendidikan dan rekreasi keluarga berupa aquarium raksasa yang menampung banyak berbagai jenis ikan langka dan dilindungi dari seluruh dunia.  Setidaknya terdapat lebih dari 150 ekor ikan dari kurang lebih 30 jenis ikan air tawar.  Diantara ikan-ikan langka dan dilindungi tersebut antara lain: arapaima gigas, ikan raksasa dari perairan amazone yang telah populer sebagai icon river world purbasari pancuran mas, belida dan palmas, spesies ikan purba yang lambat dalam berevolusi sehingga wujudnya sangat unik.  Wahana bermain untuk anak-anak yang dapat memacu kreativitas anak-anak dengan segala aktivitas bermainnya pada berbagai wahana yang ada.  Lokasi ini berdekatan dengan kantin makanan dan kios makanan kecil dan souvenir yang menjual berbagai pernak-pernik khas purbasari sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.  Taman unggas (bird park), terdapat sedikitnya 20 jenis unggas dari berbagai spesies.  Mulai dari Merak sampai ayam bekisar.  Danau buatan “Telaga Fulus” yang digunakan untuk lokasi wahana sepeda air.  Telah dilengkapi pula Hall(pendopo) yan gasri dengan daya tampung 500 orang yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti arisan, gathering instansi, seminar/workshop, syukuran dll.  Disediakan pula fasilitas pendukung lainnya Seperti Gazebo, Musholla Yang Representatif, Kios Makanan Kecil Dan Souvenir.

alt

Seni budaya
Rapak kentong, kesenian dengan alat utama dibuat dari bamboo yang dimainkan oleh 30 orang. 
Dames, kesenian tradisional yang bernuansa keagamaan.

alt

Kuliner
Kacang asin, cara pembuatannya digoreng dengan pasir tidak dengan minyak

alt

Cinderamata
Sapu Hamada, kerajinan sapu yang dibuat dari pohon sorgum.
Wig, konde dan idep palsu, dibuat dari limbah rambut.

FASILITAS AKOMODASI
HOTEL MELATI
UTAMA
KENCANA
NUSANTARA
RATU HATI
BELIK KEMBAR
AYEM

RUMAH MAKAN
BANDUNG
RM. AYAM
SINAR MINANG
AYAM GORENG UNYIL
MEKAR SARI
SINAR MINANG II
SATE GOMBONG
MBOK SARUN I
MBOK SARUN II
WAHYU MURTI
NONI
TRUMBUS
SAMBAS
BALAI OPUNG
PLANJAN RESTO
MURAH MERIAH
PADANG

 
alt           

KABUPATEN BANJARNEGARA
Dengan ibukotanya Kota Purwokerto, berdiri sejak tanggal 22 Agustus 1831, dengan luas wilayah 1.096,74 km2.  Banjarnegara dibagi dalam 3 zone yaitu zone utara adalah kawasan pegunungan yang merupakan bagian dari dataran tinggi dieng, zone tengah merupakan zone depresi serayu yang cukup subur, sedangkan zone selatan bagian dari pegunungan serayu.  Secara geografis Kabupaten Banjarnegara pada posisi 7o12' – 7o31' Lintang Selatan dan 109o31' – 109o8' Bujur Timur.
Wilayah Banjarnegara banyak memiliki daya tarik wisata baik widata alam maupun wisata budaya.  Dataran tinggi Dieng sebagian besar berada di Kabupaten Banjarnegara, dikawasan ini terdapat obyek wisata budaya berupa peninggalan sejarah dan kepurbakalaan lainnya.  Daya tarik wisata di Kab. Banjarnegara antara lain : Dataran Tinggi Dieng, Curug Pitu, Taman Ria Serulingmas, Waduk Mrica, Taman Rekreasi Anglir mendung Paweden.

alt

Dataran Tinggi Dieng
Dieng berasal dari kata dihiyang (jawa kuno) yang berarti kahyangan.  Dieng plateau mempunyai ketinggian 2000 m diatas permukaan laut, suhu rata-rata mencapai 130o-170o Celcius bahkan pada bulan Juli – Agustus bisa mencapai dibawah 0o Celcius.  Kawasan pegunungan Dieng tercatat sebagai pegunungan berapi yang masih aktif bahkan tenaga panas bumi yang ada didalamnya dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, kawan ini disamping memiliki alam yang indah juga memiliki peninggalan budaya masa lalu yang berupa situs purbakala dan candi-candi Hindu yang dibangun pada masa karajaan Mataram Kuno sekitar tahun 809 M - 1210 M.  Candi-candi tersebut berjumlah lima buah tersusun dalam dua deret, deret sebelah timur dari empat bangunan candi yang semuanya menghadap ke barat, candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra sedangkan Candi Semar menghadap ke sebalah timur berhadapan dengan candi Arjuna.  Potensi yang dimiliki oleh Dataran Tinggi Dieng al. : Telaga Balekambang, Tealga Dringo, Telaga Medada, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka.  Sumur Raksasa Jalatunda.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, rumah makan, kios cinderamata, kios penjual tanaman/buah, shelter.

falt

Museum Dieng Kailasa
Museum dieng kailasa berlokasi di kompleks gedung arca milik balai pelestarian peninggalan purbakala jawa tengah, di dekat candi gatokaca, dieng, kec. Batur, kab. Banjarnegara.  Nama kailasa berasal dari nama gunung yang oleh agama hindu, budha dipercaya sebagai tempat suci( tempat tinggal dewa Syiwa).  Koleksi museum ini berisi artefak dan panil keterangan tentang alam (geologi, flora-fauna), masyarakat Dieng(keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian) seta warisan arkeologi dari Dieng.  Berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung telah ada seperti : teater untuk melihat film, restoran, shelter, panggung terbuka dan areal parkir.

falt

Waduk Mrica
Selain fungsinya sebagai pembangkit listrik tenaga air, juga dimanfaatkan sebagai wista tirta serta budidaya ikan dengan sistem keramba, waduk ini seluas 1.250 m2, terletak 10 km dari kota Banjarnegara kearah barat.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, rumah makan, kios cinderamata, perahu, speedboat, kereta mini, dayung, tempat pemancingan.

falt

Taman Rekreasi Serulingmas
Taman rekreasi dengan daya tarik utama taman satwa (kebon binatang) seluas kurang lebih 5,3 ha, diresmikan pada tahun 1997.  Terletak 1 km dari Kota Banjarnegara kearah utara.  Di lokasi tersebut terdapat juga makam yang dikeramatkan yaitu Makam Ki Ageng Selomanik keturunan Raja Mataram.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, Rumah makan, kios cinderamata, kolam renang, arena bermain anak-anak, panggung hiburan, arena pemancingan.

alt

Taman Rekreasi Anglir Mendung Paweden
Terletak di daerah pegunungan dikelilingi hutan lindung kurang lebih 18 km dari Kota Banjarnegara kearah utara, jalan menuju obyek ini berkelok-kelok dengan pemandangan alam yang indah disekitarnya.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, rumah makan, kios cinderamata, kolam renang, tempat penginapan, bumi perkemahan.

alt

Desa Wisata Dieng Kulon
Terletak di Dataran Tinggi Dieng dalam wilayah Kec. Batur Kab. Banjarnegara.  Jawa Tengah, dapat dicapai dengan sarana transportasi umum melalui Banjarnegara dan Wonosobo.  Di desa ini terdapat peninggalan benda-benda purbakala berupa candi-candi hindu yang dahulu kala dipakai sebagai tempat pemujaan al. Candi Arjuna, Semar dan Srikandi.  Dan para pengunjung dapat menyaksikan juga Kawah Sikidang dan Telaga Bale Kambang, ditelaga ini dapat pula memancing sambil menikmati keindahan alam serta udara yang segar.  Atraksi kesenian tari topeng dieng dan kesenian rodat al fatah merupakan sajian yang menarik.
Wisata kuliner makanan/minuman khas yang dapat dinikmati dan sekaligus sebagai cinderamata antara lain  Kripik Kentang, Jamur, Kacang Dieng, Jipang, Carica dan Purwaceng.  Untuk merasakan keramahan dan kehidupan sehari-hari masyarakat dieng yang khas, wisatawan dapat menginap di pondok wisata (homestay) sebagai sarana akomodasi yang disediakan oleh masyarakat sekaligus untuk beraktifitas dan berinteraksi langsung dengan masyarakat dieng.

alt

Seni budaya
Ruwat bumi desa jalatunda, lokasi ruwatan disekitar pohon jati yang dipercaya masyarakat setempat sebagai pohon yang tidak dapat ditebang dan diberi dual payal.  Pada acara ruwatan ini dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisional masyarakat setempat.
Ujungan, suatu kesenian untuk upacara permohonan hujan.  Kesenian ini berupa tarian perang tanding satu lawan satu degnan menggunakan senjata sebilah rotan untuk memukul dengan diiringin musik calung.

alt

Kuliner
Kacang dieng, kacang yamg mempunyai rasa khas, hanya terdapat di kawasan dieng.
Buntil kambang, terbuat dari daun lumbu yang diisi sambal parutan kelapa dan dimasak dengan santan.

alt

Cinderamata
Keramik klampok, pusat kerajinan keramik di Kecamatan Klampok.  Tehnik pembuatan keramik degnan membakar glazur sehingga menghasilkan keramik yang mengkilap.
Kerajinan ece/kerang darat, kulit kerang dibuat berbagai hiasan bahkan diekspor ke mancanegara, pusat kerajinan di Kecamatan Susukan.

ff

AKOMODASI
HOTEL MELATI
BANJARNEGARA
CENTRAL
DOKANANDI
GARUDA
SETIYA
AGUNG
MARDHIANA
ASTI
GUNUNG MAS
GADING REJO

RUMAH MAKAN
ETHNIC
MORO SENENG
LUTUNG
SARI RAHAYU – III
BAKSO OLALA – II
PONDOK GURIH
SARI RAHAYU – II
BAKSO OLALA – I
SATE GOMBONG – I
MITRA
SOTO BETAWI
SRI
RAHAYU – IV
SEMAMPIR
ABC
GUDEG SOBO
BANDUNG – I
SARI GURIH
BU MANSUR
SAUNG MANSUR
INTAN
CEMARA
SINAR BANJAR
SATE GOMBONG – II
TIESTO
SEDERHANA
MAK PUJO
SOTO SITI
SARI RAHAYU

ANEKA KETANGKASAN
Udin Play Station
Aji Play Station
Spriadi
“76” Studio
Rizki Play Station
Kuni Masrukati
Agistra Play Station
Deva Play Station
Wong Kien Wa Play Station
Koko Play Station
Maimo Play Station
Nafis
Adrian Play Station
Refi Play Station
Candra Play Station
Black RD Play Station
Restu Ibu Play Station
ICA Play Station
Warnet
Pink Net
“A & A Net” Warnet & Game Online
Transnet
Cahaya Net
Alzena Net & Cel
Korn Net
Adzka Net
Dot Net
Greennet
Apicta

BIRO PERJALANAN WISATA
PERMATA WISATA
BANNYU WOONG ZHAFIR T & T
SANTIKA WISATA T & T
MUSTIKA WISTA T & T
DELTA SR TOUR & TRAVEL
SARYONO INTERNATIONAL’S T & T
GELORA MANDIRI T&T
OMEGA TOUR
SAPTA PESONA TOUR & TRAVEL
BPW. MANDIRI SUKSES T & T
PARY RAYA TOUR

 
kab.cilacap

KABUPATEN CILACAP
Merupakan wilayah yang terletak paling barat di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah dan mempunyai wilayah terluas dibandingkan kabupaten/kota yang lainnya, dengan luas kurang lebih 213.850 hektar.  Secara geografis berada diantara 1000 4’ 30” Bujur Timur, 70 30’ – 70 45’ 20” Lintang Selatan, secara administratif berbatasan dengan Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banyumas disebelah timur, samodera Hindia disebelah selatan, kabupaten Ciamis dan Kabupaten Subang(Provinsi Jawa Barat) disebelah barat, dan disebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Brebes.  Suhu Maksimum 34,20 C dan suhu minimum 30,20 C.
Sarana prasarana penunjang cukup memadai, seperti : jalan-jalan menuju obyek wisata, bandara Tunggulwulung, pelabuhan laut Tanjung Intan, pelabuhan Jayawijaya dan Pelabuhan Sodong di Nusakambangan, terminal bus, akaomodasi Kabupaten Cilacap memeiliki daya tarik wisata yang beragam dan sebagian besar adalah wisata alam, Kabupaten Cilacap mengidentifikasikan 20 obyek wisata dan tempat rekreasi yang meliputi : Pulau Nusakambangan, Pantai Teluk Penyu, Hutan Payau, Wana Wisata Gunung Selok, Pantai Widara Payung, Pemandian Air Panas Cipari, Gunung Srandil, Pantai Srandil, Rawa Bandungan, Curug Mandala, Curug Citepus, Pantai Karangkandri, Pantai Buton, Bengawan Adiraya, Pantai Sidourip, Pantai Karangpakis, Pantai Jetis, Segara Anakan, Benteng Pendem.

alt     

Pantai Teluk Penyu
Teluk Penyu ini menjadi obyek wisata andalan bagi Kabupaten Cilacap, sangat mudah dijangkau oleh wisatawan baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.  Obyek wisata teluk penyu dapat dicapai dalam waktu 5 – 10 menit dari pusat kota.  Potensi yang dimiliki oleh Teluk Penyu a.l : panorama laut yang indah, kehidupan nelayan tradisionil, tempat pelelangan ikan, pusat kerajinan kerang, berdekatan dengan senra pembuatan ikan asin.  Teluk Penyu disamping sebagai salah satu tujuan wisata juga sebagai tempat pemukiman para nelayan tradisionil yang unik menjadi daya tarik bagi wisatawan.
Salah satu kesan unik di pantai Teluk Penyu adalah adanya sentra kerajinan kerang dan hasil laut laiinya yang banyak diperjualbelikan di kios-kios yang terdapat disepanjang jalan masuk dan sepanjang tepian pantai.  Fasilitas yang tersedia : Pusat informasi pariwisata, sitting group, gardu pandang, tempat bermain, ticket box, gapura, tempat parkir yang luas, MCK, rumah makan, kios cinderamata.

alt

Benteng Pendem
Komplek benteng pendem yang dalam bahasa Belanda disebut “Kusbattery op de lantong te Cilacap” ini dikelilingi parit selebar 12 m, sebagian masih dapat dilihat sampai sekarang.  Selain parit juga terdapat tembok keliling yang dilengkapi dengan lubang-lubang pengintaian yang sekaligus merupakan lubang untuk menembak.  Benteng Pendem ini merupakan benteng yang unik dan tidak ada duanya di Indonesia, karena sebagian besar bangunan fisik benteng terpendam di dalam tanah maupun yang tampak dipermukaan tanah.  Dari angka-angka yang tertera pada bangunan tersebut dapat disimpulkan bahwa bangunan benteng didirikan tahun 1861-1879.  Adapun bagian-bagian dari benteng adalah sbb : Barak Tentara, tempat pertahanan ruang bawah tanah/terowongan, ruang amunisi, ruang penjara, ruang senjata, ruang akomodasi, ruang kesehatan, sumur, bangunan benteng, bangunan gudang dan dapur, bangunan gudang perlengkapan, bangunan barak prajurit, ruang perwira, bangunan pengintai, bangunan parit.  Lokasi benteng pendem secara administratif terletak di kelurahan cilacap, kecamatan cilacap selatan berada di kawasan teluk penyu, kurang lebih 300 meter disebelah barat pantai teluk penyu.  Fasilitas yang tersedia : pusat infomasi pariwisata, sitting group, gardu pandang, tempat bermain, ticket box, gapura,  tempat parkir yang luas, rumah makan, kios cinderamata.

alt

Pulau Nusakambangan
Disamping memiliki keunikan alam juga memiliki keunikan yang menjadi “landmark” pulau ini adalah sebagai tempat tahana bagi penjahat-penjahat kelas kakap.  Atraksi bekas tahana penjahat-penjahat terkenal merupakan suatu potensi untuk mengundang wisatawan datang berkunjung di pulau tersebut.  Disamping itu terdapta peninggalan bersejarah yaitu monumen arteleri dan benteng pertahanan (peninggalan belanda) terletak disebelah selatan kota cilacap dan dipisahkan dari pulau jawa oleh segara anakan.  Secara Administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Cilacap.  Namun demikian Pulau Nusakambangan berada dibawah tanggung jawab khusus Departemen Kehakiman dan HAM.  Potensi yang dimiliki oleh Pulau Nusakambangan al. : Goa Ratu, Pantai Permisan, Pantai Pasir Putih.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, pelabuhan.

alt

Pantai Widara Payung
Pantai widara payung dengan panorama yang indah dan kondisi pantai sangat landai dengan gelombang lautnya relatif besar dan teratur, oleh organisasi selancar internasional dinyatakan layak untuk kegiatan selancar.  Terletak di desa Widara payung kecamatan Binangun, kurang lebih 30 km ke arah timur kota Cilacap.  Dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, kurang lebih 30 menit dari pusat kota.

alt

Wana Wisata Gunung Selok Dan Srandil
Merupakan kawasan pegunungan yang berdampingan, terletak di Desa Karang Benda Kecamatan Adipala atau 26 km ke arah timur dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Cilacap.  Disamping mempunyai keindahan alam seperti gua, pantai, flora dan fauna juga sebagai tempat meditasi/ziarah bagi masyarakat yang meyakininya.

alt

Hutan Payau
Merupakan hutan mangrove buatan degnan jajaran hutan bakau yang teratur.  Terletak di Desa Tritih Kulon, Kec. Cilacap utara, berjarak 4 km kearah barat laut dari pusat kota Cilacap.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, Toko souvenir, warung makan.

alt

Cinderamata
Kerajinan Kerang, Kerajinan Bambu, Boneka Fiber Glass, Lukisan Bulu Ayam

alt

Seni budaya
Berupa arak-arakan jolen tunggul dan jolen-jolen kelompok nelayan

AKOMODASI
HOTEL BINTANG
WIJAYA KUSUMA
MUTIARA
GRAND HOTEL
TIGA INTAN
CILACAP INDAH
DELYMA
KENANGAN INDAH
NUSANTARA

HOTEL MELATI
KENANGAN INDAH
NUSANTARA
ANGGREK
TELUK PENYU
BOROBUDUR
CIPTORINI
HARNITA AGUNG
HUSADA
YULIAS

RESTORAN
SAHABAT
PRAPATAN
GRAND
NUSANTARA
PRINGSEWU

RUMAH MAKAN
IKAN BAKAR SINAR LAUT
IKAN BAKAR PANORAMA
IAKAN BAKAR SARI LAUT
IKAN BAKAR 70
IKAN BAKAR TELUK PENYU
MEKAR SARI
SIDOROSO
TIGA SAUDARA
PADANG SEDERHANA
MEKAR SARI
PADANG ANDALAS
NEW TO JOYO
SRIJAYA
MERGOSARI
IKAN BAKAR SARI LAUT
FOOD STATION TOSERBA YOGYA

MAKANAN KHAS
Wing’s
Cita Rasa Mandiri
Santi Kumala
Mino Arto, Wagiman
Ikan Asin
DS, H. Sudarto
Sari Pisang
Sale Pisang Nasional

PERMAINAN ELEKTRONIK
City Flash, Toserba Abdi Makmur
Sidanegara
Astro
Lala Pooh
88 Cilacap
Grand Hotel
Game Master
Asep Hendra Wijaya
Sky Game
Karunia Maharani

KARAOKE
Karunia Maharani
Bahagia Karaoke

KOLAM RENANG
Tirta Negara Indah Cilacap
Tirta Kusuma
Banyu Pratama
Tirta Family
Taman Sari Rasa

BILLYARD
Tirta Negara Indah
Astro
Markas
Bola Mas
Lala Pooh
Dwashington Billyard

BIRO PERJALANAN WISATA

DWANGGA
DHITA WISATA
CITRA TRAVEL AGENT
AGIMSA TOTAL NUSANTARA
SAVITRI TOUR & TRAVEL
KUSYARA TOUR
SETYA PUTRA TOUR
MADINA WISATA
SABAR SUBUR

 
    

KABUPATEN BANYUMAS
Kabupaten Banyumas dengan ibukotanya Purwokerto, dengan luas wilayah kabupaten 132.757 Ha.  Wilayah kabupaten ini terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi, bagian utara yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang dan Purbalingga merupakan kawasan pegunungan ujung barat pegunungan Serayu Utara, perbukitan yang terdapat di bagian barat merupakan perpanjangan dari Depresi Bandung di Jabar sedangkan pegunungan yang terdapat di bagian tenggara adalah ujung barat dari pegunungan Serayu Selatan.  Kabupaten Banyumas terletak pada 7o 15’ 05” – 7o 37’ 10” Lintang Selatan dan 108o 0’ 17” – 109o 27’ 15” Bujur Timur.  Berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Kebumen di sebelah Timur, Kabupaten Brebes dan kabupaten Purbalingga di sebelah Utara, Kabupaten Cilacap dan kabupaten Brebes di sebelah barat, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Cilacap di sebelah selatan.  Daya tarik wisata kabupaten Banyumas : Kawasan Baturraden(lokawisata Baturaden, Wana Wisata, Bumi Perkemahan, Curug Ceheng, Curug Gede, Curug Cipendok , Telaga Sunyi, Pancuran Telu, Pancuran Pitu), Museum Sudirman, Pemandian Kalibacin.

alt

Lokawisata Baturaden
Taman rekreasi yang lokasinya di lereng Gunung Slamet tepatnya di Desa Karangmangu Baturaden, berhawa sejuk dan pemandangannya yang indah selauas 16,5 ha.  HTM: Weekday Rp.5.000, Weekend Rp.7.500,-.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, Arena permainan anak-anak, kolam renang, panggung hiburan, taman botani, kolam pancing, kolam sepeda air, pemandian air panas, tempat penginapan, bumi perkemahan.  Telp/fax. (0281)681926.

alt

Wana Wisata
Merupakan cagar alam dan tempat pembibitan tanaman produksi seperti pinus, cemara.  Pengunjung dapat menikmati keindahan alam hutan dan dapat berkemah terletak 2 km dari Lokawisata Baturaden.  HTM:Rp. 5.000.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, warung makan. Telp/fax (0281)681001

alt

Curug Cipendok
Merupakan air terjun yang masih alami dengan ketinggian 92 m dan dikelilingi oleh hutan disekitarnya, terletak kurang lebih 25 km dari Kota Purwokerto kearah barat.  HTM: Rp. 5.000,-.

alt

Telaga Sunyi
Tempat rekreasi yang menyajikan sebuah telaga yang indah dengan air yang dingin.  Terletak sekitar 3 kmdi sebelah timur Loka Wisata Baturaden.  HTM: Rp.5.000.  Fasilitas : Kantor Pengelola, Parkir, Mushola, MCK, P3K.  Telp/fax.(0281)681001.

alt

Pancuran Telu
Merupakan sumber air(pancuran air) panas yang berjumlah tiga, banyak mengandung belerang yang dapat untuk megobati penyakit kulit dan rheumatik.  HTM:Rp. 5.000.  Fasilitas:Kantor Pengelola, Parkir, Mushola, MCK, P3K.  Telp/fax.(0281)681001.

alt

Pancuran Pitu
Merupakan sumber air(pancuran air) panas yang berjumlah tujuh buah yang bersuhu sekitar 70o-90o C, banyak mengandung belerang yang dapat untuk mengobati penyakit kulit dan rheumatik.  HTM:Rp. 7.500.  Fasilitas:Kantor Pengelola, Parkir, Mushola, MCK, P3K.  Telp/fax.(0281)681001.

alt

Pemandian Kalibacin
Merupakan pemandian air mineral yang dapat menyembuhkan penyakit rheumatik dan penyakit kulit, terletak di Kec.  Rawalo, Pemandian ini merupakan peninggalan jaman Belanda.  HTM:Rp.3.500.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, warung makan.  Telp/fax. (0281)637629

alt

Curug Ceheng,
Merupakan air terjun yang masih alami, terletak di kecamatan Sumbang, berjarak kurang lebih 7 km dari kota Purwokerto kearah timur laut.  HTM: Rp. 1500,-

alt

Desa Wisata Ketenger
Desa wisata ini terletak di Desa Ketenger Kec.  Baturaden Kab. Banyumas, Jawa Tengah, selain alamnya yang menarik, Desa Ketenger juga memiliki beberapa situs peninggalan masa lampau, diantaranya Rel Lori, situs masa lalu peninggalan Belanda, Bendungan peninggalan masa pendudukan jepang yang dijadikan sebagai lokasi wisata tirta.  Kesenian dan Kebudayaan Rakyat seperti Lengger, Kuda Lumping, Sanggar Tari dan Siteran, Sanggar Teater, Begalan Gumbengan, Rengkengan, Gejogan Lesung, Kentongan, Egrangan, Pantun, dan Wayang Kulit merupakan bagian dari atraksi wisata di desa ini yang dapat dinikmati wisatawan.  Selain itu para wisatawan juga dapat menikmati makan khas seprti mendoan, pecel, nopia, badeg, wedang jahe susu, sate dan sebagainya.  Beberapa hasil kerajianan desa Ketenger yang dapat dijadikan cinderamata bagi wisatawan antara lain kerajinan logam dan seni lukis dengan medida kaca.  Bagi wisatawan yang ingin menginap tersedia sarana akomodasi berupa pondok wisata yang dikelola oleh masyarakat.

alt

Keunikan Seni Budaya
Baritan, upacara ritual untuk memohon turunnya hujan dan kesuburan sawah, keselamatan ternak atua hewan peliharaan.  Prosesi upacara ini menggunakan beberapa jenis tarian sebagai sarana seperti tari lengger, buncis dan ebek.
Calung, perangkat musik tradisional Banyumas yang terbuat dari bamboo wulung, perangkat musik calung ini terdiri dari gambang barung, gambang penerus, dhendem, gong bamboo dan gendang.  Alat musik calung mempunyai laras slendro dengan nada 1(ji),2(ro),3(lu),5(ma) dan 6(nem).
Jemblung, adalah seni tutur kata dalam bentuk dialog, yang dalam pertunjukan dimainkan oleh empat orang pemain dengan cara duduk didepannya disuguhi hidangan nasi tumpeng, jajan pasar, minuman sambil menceritakan sebuah lakon layaknya ketoprak, sesekali diiringi suara musik gamelan yang dimainkan dengan mulut sambil makan hidangan yang tersedia.  Aplang/dhaeng, merupakan tarian khas Banyumasan yang dimainkan oleh delapan penari wanita diiringi musik rebana.

alt

Kuliner
Inthil, makanan tradisional yang terbuat dari ketela pohon yang dikeringkan, dimasak dengan cara dikukus dengan diberi gula jawa.  Cara penyajiannya dengan ditaburi parutan kelapa.
Soto Sukaraja, soto ini terdiri dari ketupat dicampur dengan irisan daging sapi/ayam, kecambah, daun bawang, kerupuk warna warni, sambal kacang/sambal pecel, kecap dan kuah.

alt

Cinderamata
Bandol, ban bekas yang dibuat aneka kerajinan seperti sandal, pot bunga, kursi, tempat sampah dan kerajinan lainnya.
Batik, batik dengan motif khas Banyumasan.

AKOMODASI
HOTEL BINTANG
DYNASTI
ROSENDA
QUEEN GARDEN
ATRIUM
BOROBUDUR
PALAPA

HOTEL MELATI
ADAM
AGUNG
BARU
CENDERAWASIH
CAHYA NIRWANA
DARAJATI
ERLANGGA
GUNUNG SLAMET
GRAHA SENTOSA
PAGODA
MEKAR SARI
WIDODO ASLI
WIJAYA
UTAMA
TERATAI MAS
TENTRAM
SAMPURNA
TIARA
SURYA
RODA MAS
PONDOK BIRU
REMAJA
LEGEN’S I
LEGEN’S II
ASRI II
DAMINA SARI I
ARDI KENCANA
MORO SENENG
RESOR PRIMA
TELKOM
MANIRA
IERA
KARISTI

RESTORAN
DD. KAFE & RESTORAN

RUMAH MAKAN
TAMAN PRINGGADING
PRING SEWU
INTAN SARI
PADANG INDONESIA
CIPTA RASA
BUNTOS CHICKEN
KENTUCKY FRIED CHICKEN
CINTA ALAM
WARUNG NDESO
JATILAWANG
MIE KELINCI TIGA PASAR BARU JAKARTA
CAHAYA MAS
CAFE ALUN-ALUN
SATE TIGA SAUDARA
PAPARON’S PIZZA
KALIBOGOR
BANYUMAS
JAYA PUTRA
TUNAS ALAM
BU ENDANG
SOTO SUNGEB
PADANG SABANANYO
SOTO KECIK
MBOK SARUN
YATI BUMAS
WANGON SARI
SATE BANARAN
WONG SOLO
CAFE LA
MERAH PUTIH
SUKOREJO
AYAM GORENG HAFID
AYAM GORENG TANTENE
BAKSO SOLO
KELAPA GADING INDAH
AYAMG GORENG KOBOY
AYAM GORENG
SOTO AYAM PAK NO
KOKORIA
CAFETARIA RENAJA
NIKI ECO
SATE DUA SAUDARA
BU YULI
SOTO LAMA SOKARAJA
MARGASANA 1
MARGASANA 2
SINAR
TIRTO SARI
SATE SIDO ROSO 2
NEW ISTANA
BAMBOE ASRIE
SEDERHANA SIDO LANCAR
RED CRISPY
AYAM GORENG & STEAK
KABAYAN
TAMBAK WARINGIN
PARAHYANGAN
SATE PUTRA SAUDARA
SIDO ROSO
SOTO JALAN BANK
BALIBUL
AYAM GORENG ABG 5
KINDY DONUT
CALIFORNIA FC
CAFE MORO
PONDOK BIRU
NEW ELDON
PADANG SEDERHANA
FURAMA
CALIFORNIA
CAFE DEWANA
BOROBUDUR
BAKSO BANJAR
TIRTO SARI
NY. ENDANG
LUMBUNG
 WONG KRATON
AYAM GORENG SUKA NIKI
CFC INDORIZKY
MEMORY GARDEN
AYAM GORENG KALASAN
DABUR IBU
ASIATIC
BERKAH
TENGAH
DUA TIGA
MEKAR SARI
PANCA JAYA
CITA RASA
SUNDA
PARAHYANGAN
ADEM AYEM
LUMAYAN
PENE
TEGAL
PADANG BAROKAH
AMPERA
AGUNG SARI
GUNUNG SLAMET
WONOSONO
PONDOK DUYUNG
KARIKA PANTAI SANUR
SEDAP
RIO PUTRA
BATURRADEN
SUDI MAMPIR
SARIPUNG
AL FATH
CITA RASA
SAUNG KURING
BAROKAH
TIP TOP
LOGAWA
CILONGOK
POJOK SARI
SOTO MUTAMINAH
AYAM GORENG BU HASNIL
SARI SUNDAH SALMA
NENG ELLA
LANCAR SARI
CITRA ASRI
MBA VINA
ARYA JAYA
SOTO TANJUNG SARI
BAKSO MALVINAS
SATE KIRWAN
MUNTANG
MUGI BAROKAH
SIMPANG TIGA RAWOLO
SATE ZAENAL
LEMBAH SERAYU
SRI GADING
RESPATI KUNING SARI
SALUNG JAYA
KEDUNG SARI
SAINIKI
ANEK RASA
AYAM GORENG SAMI RAOS
BLORA
PINGGIR KALI
WARAS WAREG BU WALUYO
PRAMBANAN
PERMAI
MATARAM PUTRA
MANA SUKA
KLATEN
RINDU RASA
KENARI
SATE KALISALAK
BU ROMAH
SOTO LAMA MAWARDI
SOTO SUTRI
MIE AYAM AMPEL
BAKSO TAITOH
PURWATI
RAHMAT
BINTANG DENAI
DALIMAN
ASWANI
IMAM
PARSINAH
SYAHRONI
BAKSO KARYO
TUMIRIN
WR. MAKAN POJOK
PADANG ANDALAS
TOPAZ
TAMARA SARI
GUDEG HEMPANG
BAKSO DODO
BU DAR
SATE MARTAWI
WR. MAKAN BU TOMO
AYAM GORENG TIMBUL
SEA FOOD
SATE KRANJI
TAHU SLAWI
SOTO SUNGEB 2
SATE CAK SADLI
SOTO SUNGEB 3
SARIANA 1
SARIANA 2
SARIANA 3
TUJUH BELAS
TIGA SAUDARA
SOTO SUNGEB 4
SARI GIZI
SOPO NYONO
PADANG PHB
BUNDO
WULANDARI
MORO SENENG
SUDI MAMPIR
SARIANA 4

DISKOTIK
Diskotik “KING”
Diskotik “TANGO”
Diskotik “ZONE”
Diskotik “DD”
Diskotik “CHEERS CAFE”

KARAOKE
Karaoke “NAV”
Kulon
Karaoke “KING”
Karaoke & Bar “MENDOAN”
Kafe, Resto & Karaoke “KALIFA”
Karaoke & Restoran “HAPPY PUPPY”
HIT KARAOKE FAMILY
Karaoke “PRINGGADING”
Karaoke “ROSENDA”
Karaoke “QUEEN GARDEN”
Karaoke “MORO MAS”
Karaoke “PRING SEWU”
Karaoke “DD”
Karaoke “BUNTOS CHIKEN”
Karaoke “GAUL”
Karaoke “FATMABA”

CAFE
Cafe “KONG KOW”
Cafe “ZONE”
Warung INTERNET & CAFE “TRINITY”
Happy Net & Cafe

BILLYARD
Billyard “CENTER/BBC”
Billyard “GAUL”
Billyard “NINE BOOL”
Billyard “MAESTRO”
Billyard “DAUN”

BIRO PERJALANAN WISATA
ANDES TOUR
NATUR TOUR & TRAVEL
SURYA PUTRA SARANA WST
KARISMA TOUR & TRAVEL
MULIA DWI CITRA WISATA
TRISTA ALFA WISATA
SATRIA TOUR
AMANAT TOUR
MITRA INTER NUSAPADA
GILANG TOUR & TRAVEL
RUDIAN TOUR
RESPATI
FAW TOUR & TRAVEL
WIDYA FAMILI TOUR & TRAVEL
SURYA WISATA BUANA
PURNAMA WISATA
DAYA KERTA SURYA K
EXELENT TOUR

 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 Next > End >>