Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Banjarnegara
alt           

KABUPATEN BANJARNEGARA
Dengan ibukotanya Kota Purwokerto, berdiri sejak tanggal 22 Agustus 1831, dengan luas wilayah 1.096,74 km2.  Banjarnegara dibagi dalam 3 zone yaitu zone utara adalah kawasan pegunungan yang merupakan bagian dari dataran tinggi dieng, zone tengah merupakan zone depresi serayu yang cukup subur, sedangkan zone selatan bagian dari pegunungan serayu.  Secara geografis Kabupaten Banjarnegara pada posisi 7o12' – 7o31' Lintang Selatan dan 109o31' – 109o8' Bujur Timur.
Wilayah Banjarnegara banyak memiliki daya tarik wisata baik widata alam maupun wisata budaya.  Dataran tinggi Dieng sebagian besar berada di Kabupaten Banjarnegara, dikawasan ini terdapat obyek wisata budaya berupa peninggalan sejarah dan kepurbakalaan lainnya.  Daya tarik wisata di Kab. Banjarnegara antara lain : Dataran Tinggi Dieng, Curug Pitu, Taman Ria Serulingmas, Waduk Mrica, Taman Rekreasi Anglir mendung Paweden.

alt

Dataran Tinggi Dieng
Dieng berasal dari kata dihiyang (jawa kuno) yang berarti kahyangan.  Dieng plateau mempunyai ketinggian 2000 m diatas permukaan laut, suhu rata-rata mencapai 130o-170o Celcius bahkan pada bulan Juli – Agustus bisa mencapai dibawah 0o Celcius.  Kawasan pegunungan Dieng tercatat sebagai pegunungan berapi yang masih aktif bahkan tenaga panas bumi yang ada didalamnya dimanfaatkan untuk pembangkit tenaga listrik, kawan ini disamping memiliki alam yang indah juga memiliki peninggalan budaya masa lalu yang berupa situs purbakala dan candi-candi Hindu yang dibangun pada masa karajaan Mataram Kuno sekitar tahun 809 M - 1210 M.  Candi-candi tersebut berjumlah lima buah tersusun dalam dua deret, deret sebelah timur dari empat bangunan candi yang semuanya menghadap ke barat, candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra sedangkan Candi Semar menghadap ke sebalah timur berhadapan dengan candi Arjuna.  Potensi yang dimiliki oleh Dataran Tinggi Dieng al. : Telaga Balekambang, Tealga Dringo, Telaga Medada, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka.  Sumur Raksasa Jalatunda.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, rumah makan, kios cinderamata, kios penjual tanaman/buah, shelter.

falt

Museum Dieng Kailasa
Museum dieng kailasa berlokasi di kompleks gedung arca milik balai pelestarian peninggalan purbakala jawa tengah, di dekat candi gatokaca, dieng, kec. Batur, kab. Banjarnegara.  Nama kailasa berasal dari nama gunung yang oleh agama hindu, budha dipercaya sebagai tempat suci( tempat tinggal dewa Syiwa).  Koleksi museum ini berisi artefak dan panil keterangan tentang alam (geologi, flora-fauna), masyarakat Dieng(keseharian, pertanian, kepercayaan, kesenian) seta warisan arkeologi dari Dieng.  Berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung telah ada seperti : teater untuk melihat film, restoran, shelter, panggung terbuka dan areal parkir.

falt

Waduk Mrica
Selain fungsinya sebagai pembangkit listrik tenaga air, juga dimanfaatkan sebagai wista tirta serta budidaya ikan dengan sistem keramba, waduk ini seluas 1.250 m2, terletak 10 km dari kota Banjarnegara kearah barat.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, rumah makan, kios cinderamata, perahu, speedboat, kereta mini, dayung, tempat pemancingan.

falt

Taman Rekreasi Serulingmas
Taman rekreasi dengan daya tarik utama taman satwa (kebon binatang) seluas kurang lebih 5,3 ha, diresmikan pada tahun 1997.  Terletak 1 km dari Kota Banjarnegara kearah utara.  Di lokasi tersebut terdapat juga makam yang dikeramatkan yaitu Makam Ki Ageng Selomanik keturunan Raja Mataram.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, Rumah makan, kios cinderamata, kolam renang, arena bermain anak-anak, panggung hiburan, arena pemancingan.

alt

Taman Rekreasi Anglir Mendung Paweden
Terletak di daerah pegunungan dikelilingi hutan lindung kurang lebih 18 km dari Kota Banjarnegara kearah utara, jalan menuju obyek ini berkelok-kelok dengan pemandangan alam yang indah disekitarnya.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, rumah makan, kios cinderamata, kolam renang, tempat penginapan, bumi perkemahan.

alt

Desa Wisata Dieng Kulon
Terletak di Dataran Tinggi Dieng dalam wilayah Kec. Batur Kab. Banjarnegara.  Jawa Tengah, dapat dicapai dengan sarana transportasi umum melalui Banjarnegara dan Wonosobo.  Di desa ini terdapat peninggalan benda-benda purbakala berupa candi-candi hindu yang dahulu kala dipakai sebagai tempat pemujaan al. Candi Arjuna, Semar dan Srikandi.  Dan para pengunjung dapat menyaksikan juga Kawah Sikidang dan Telaga Bale Kambang, ditelaga ini dapat pula memancing sambil menikmati keindahan alam serta udara yang segar.  Atraksi kesenian tari topeng dieng dan kesenian rodat al fatah merupakan sajian yang menarik.
Wisata kuliner makanan/minuman khas yang dapat dinikmati dan sekaligus sebagai cinderamata antara lain  Kripik Kentang, Jamur, Kacang Dieng, Jipang, Carica dan Purwaceng.  Untuk merasakan keramahan dan kehidupan sehari-hari masyarakat dieng yang khas, wisatawan dapat menginap di pondok wisata (homestay) sebagai sarana akomodasi yang disediakan oleh masyarakat sekaligus untuk beraktifitas dan berinteraksi langsung dengan masyarakat dieng.

alt

Seni budaya
Ruwat bumi desa jalatunda, lokasi ruwatan disekitar pohon jati yang dipercaya masyarakat setempat sebagai pohon yang tidak dapat ditebang dan diberi dual payal.  Pada acara ruwatan ini dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian tradisional masyarakat setempat.
Ujungan, suatu kesenian untuk upacara permohonan hujan.  Kesenian ini berupa tarian perang tanding satu lawan satu degnan menggunakan senjata sebilah rotan untuk memukul dengan diiringin musik calung.

alt

Kuliner
Kacang dieng, kacang yamg mempunyai rasa khas, hanya terdapat di kawasan dieng.
Buntil kambang, terbuat dari daun lumbu yang diisi sambal parutan kelapa dan dimasak dengan santan.

alt

Cinderamata
Keramik klampok, pusat kerajinan keramik di Kecamatan Klampok.  Tehnik pembuatan keramik degnan membakar glazur sehingga menghasilkan keramik yang mengkilap.
Kerajinan ece/kerang darat, kulit kerang dibuat berbagai hiasan bahkan diekspor ke mancanegara, pusat kerajinan di Kecamatan Susukan.

ff

AKOMODASI
HOTEL MELATI
BANJARNEGARA
CENTRAL
DOKANANDI
GARUDA
SETIYA
AGUNG
MARDHIANA
ASTI
GUNUNG MAS
GADING REJO

RUMAH MAKAN
ETHNIC
MORO SENENG
LUTUNG
SARI RAHAYU – III
BAKSO OLALA – II
PONDOK GURIH
SARI RAHAYU – II
BAKSO OLALA – I
SATE GOMBONG – I
MITRA
SOTO BETAWI
SRI
RAHAYU – IV
SEMAMPIR
ABC
GUDEG SOBO
BANDUNG – I
SARI GURIH
BU MANSUR
SAUNG MANSUR
INTAN
CEMARA
SINAR BANJAR
SATE GOMBONG – II
TIESTO
SEDERHANA
MAK PUJO
SOTO SITI
SARI RAHAYU

ANEKA KETANGKASAN
Udin Play Station
Aji Play Station
Spriadi
“76” Studio
Rizki Play Station
Kuni Masrukati
Agistra Play Station
Deva Play Station
Wong Kien Wa Play Station
Koko Play Station
Maimo Play Station
Nafis
Adrian Play Station
Refi Play Station
Candra Play Station
Black RD Play Station
Restu Ibu Play Station
ICA Play Station
Warnet
Pink Net
“A & A Net” Warnet & Game Online
Transnet
Cahaya Net
Alzena Net & Cel
Korn Net
Adzka Net
Dot Net
Greennet
Apicta

BIRO PERJALANAN WISATA
PERMATA WISATA
BANNYU WOONG ZHAFIR T & T
SANTIKA WISATA T & T
MUSTIKA WISTA T & T
DELTA SR TOUR & TRAVEL
SARYONO INTERNATIONAL’S T & T
GELORA MANDIRI T&T
OMEGA TOUR
SAPTA PESONA TOUR & TRAVEL
BPW. MANDIRI SUKSES T & T
PARY RAYA TOUR