Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Blora
alt    

KABUPATEN BLORA
Kabupaten Blora, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Ibukotanya adalah Blora, sekitar 127 km sebelah timur Semarang . Berada di bagian timur Jawa Tengah.
Kabupaten Blora berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati. di utara, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro (Jawa Timur) di sebelah timur, Kabupaten Ngawi (Jawa Timur) di selatan, serta Kabupaten Grobogan di barat.
Blok Cepu, daerah penghasil minyak bumi paling utama di Pulau Jawa, terdapat di bagian timur Kabupaten Blora.

alt

Goa Terawang
Goa Terawang merupakan obyek wisata alam, terbentuk di daerah endapan batu Gamping Pegunungan Kapur Utara berumur + 10 juta tahun. Terletak di Desa Kedungwungu Kecamatan Todanan kawasan Hutan KPH Blora + 35 Km. arah Barat Kota Blora. Goa Terawang mempunyai panjang alur/terawang terpanjang + 180 m dengan kedalaman 5-11 m dibawah permukaan tanah. Didalamnya terdapat stalakmit dan stalaktit yang sangat indah dan menawan. Di kawasan ini pula terdapat beberapa goa-goa yang tidak kalah menariknya, antara lain goa Kidang, Goa Suru, Goa Manuk, dll.  Kawasan wisata Goa Terawang merupakan kompleks goa yang memiliki enam goa dalam satu kawasan, ini terbanyak di Jateng. Di dalam kawasan seluas 13 hektar itu terdapat satu goa induk, satu sendang, dan lima goa kecil lainnya. Goa ini merupakan satu-satunya goa yang di dalamnya terang di siang hari karena terkena sinar matahari. Di kompleks Wanawisata Goa Terawang terdapat kawasan arena bermain anak yang terletak 50 meter dari mulut Goa Terawang yang terasa sejuk karena dipayungi ratusan pohon jati besar.

alt

Waduk Bentolo
Waduk Bentolo juga terletak tidak jauh dari lokasi Goa Terawang.
Waduk Bentolo disamping obyek wisata juga dapat digunakan sebagai irigasi lahan pertanian, dikawasan ini juga terdapat Bumi Perkemahanyang sangat luas dan dikenal dengan nama Bumi Perkemahan Pancasona.

alt

Pemadian Sayuran
Pemandian Sayuran terletak didaerah perbukitan di Desa Soko Kec. Jepon ± 14 km kearah timur Laut Kota Blora. Berhawa sejuk dan mempunyai pemandangan yang indah. Pemandian Sayuran dibangun dengan standart nasional, dan dilengkapi dengan permainan anak-anak. Diatas pemandian sayuran terdapat di Padepokan.

alt

Loko Wisata Hutan Cepu
Loko tour merupakan paket perjalanan wisata di hutan jati wilayah KPH Cepu Kabupaten Blora dengan transportasi rangkaian kereta api yang ditarik lokomotip tua buatan Berliner Macshinenbaun Jerman tahun 1928. Perjalanan wisata dengan lokomotif tua ini berawal dari Kantor Perhutani Jl. Sorogo KPH Cepu atau sekitar 35 km arah tenggara Kota Blora.
Jarak tempuh sekitar 60 km dengan kecepatan maksimun 20 km perjam dengan melintasi hutan jati wilayah BKBH Ledok, Kendilan, Pasar Sore, Blungun, Ngobo, Cabak dan Nglebur. Kawasan itu berada di ketinggian antara 25-30 m diatas permukaan laut dengan suhu udara mencapai 22 hingga 34 derajat celcius.
Pada paket wisata ini akan disediakan banyak hiburan kesenian daerah dan atraksi seperti halnya tarian tayub, penanaman pohon jati, tabangan, saradan serta kunjungan ke museum jati dan pusat pengembangan bio teknologi hutan. Tambahan hiburan itu tergantung dengan peminat yang biasanya merupakan rombongan wisatawan. Loko tour ini sangat menarik dan memiliki kenangan sejarah tersendiri sehingga banyak digemari wisatawan terutama dari mancanegara.

alt

Waduk Tempuran
Waduk ini berfungsi adalah sebagai dan manfaat lain sebagai tempat utamanya adalah sebagai irigasi dan manfaat lainya sebagai tempat pembinaan atlit-atlit dayung, budidaya ikan, kerambang serta tempat wisata. Terletak di Desa Tempuran, Kec. Blora berjarak sekitar 10 km dari Kota Blora ke arah timur laut.
Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, tempat pemancingan, kolam renang, dan water boom, rumah makan, ruang peprtemuan.

alt

Taman Budaya dan Seni Tirtonadi
Obyek Wisata Taman Budaya dan Seni Tirtonadi merupakan taman rekreasi yang banyak diminati khususnya bagi remaja dan anak-anak, yang letaknya berada di jantung Kota Blora, tepatnya di Jl. Sudarman Blora. Obyek Wisata ini pernah mengalami kejayaan hingga akhir tahun 60-an,yang pada saat itu banyak dikenal masyarakat dengan sebutan Kebun Binatang Taman Tirtonadi karena banyak satwa yang di pelihara. Obyek Wisata yang prnah mengalami kejayaan dan sudah banyak dikenal masyarakat ini memang pantas untuk berusaha berbenah diri untuk mencapai kejayaan lagi. Pada saat ini tepatnya tahun 2001, di Taman Wisata ini mulai dibangun dan ditambah sarana dan prasarananya untuk mempercantik diri serta meningkatkan kunjungan wisatawan dan memberikan rasa kepuasan serta kenyamanan. Fasilitas yang mulai dibangun antara lain : Gerbang Utama / Gapura lengkung, Pintu masuk utama, Jalan sirkulasi taman, kios dalam taman, kolam renang anak, pagar keliling, dsb. Diharapkan dalam waktu dekat, wasilitas yang lain juga dapat terselesaikan antara lain : Kolam renang dewasa, panggung hiburan, sangkar burung dengan ukuran besar dan lain-lain, sehingga Taman Seni dan Budaya Tirtonadi benar-benar jaya kembali, mempunyai nilai historis, nilai lingkungan yang indah, nilai sosial masyarakat, nilai budaya dan nilai ekonomi.

alt

Gunung Manggir
Obyek Wisata Gunung Manggir merupakan obyek wisata alam berupa pegunungan dan terdapat Goa yang lokasinya terletak di perbukitan Manggir, desa Ngumbul Kecamatan Todanan, + 38,5 km daerah barat dari kota Blora atau + 3,5 km ke arah barat dari obyek wisata Goa Terawang. Obyek wisata gunung manggir berada di perbukitan batuan kapur dengan ketinggian + 250 m dari permukaan laut. luas areal + 4 Ha. Obyek wisata gunung Manggir juga terdapat Goa yang letaknya berada di dekat puncak gunung Manggir dengan mempunyai tiga trap atau tingkatan yaitu : Trap atas/ trap pertama , trap tengan dengan kedalaman + 15 m, dan trap bawah mempunyai kedalaman + 7 m. Didalam goa ini terdapat stalaktit dan stalakmit yang unik dan menarik. Di Obyek wisata gunung Manggir disamping terdapat goa Manggir juga terdapat goa Mangklih yang letaknya terdapat dibagian utara gunung tersebut yang didalamnya terdapat mata air (sendang). untuk mencapai obyek wisata Gunung Manggir dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat. dari jalan aspal kearah goa + 1 km melewati jalan kampung dan jalan setapak. Puncak gunung Maggir memiliki tanah terbuka + 5 m2, apabila kita melihat dari sini kesegala arah akan tampak pemandangan yang mengesankan, begitu indah dan menawan.

alt

Wisata Geologi
Obyek wisata geologi adalah merupakan wisata alam atau kegiatan wisata dibidang ilmu kebumian dengan obyek berupa lokasi yang berkaitan erat hasil proses geologi yang terkandung dan tersimpan didalam alam antara lain Geologi Wisata yang berhubungan dengan minyak dan gas bumi. Wisata Geologi ini kebanyakan berada di perbukitan dan ditengah-tengah kawasan hutan jati yang lebat yang berada diwilayah Kabupaten Blora, dan sekitarnya, namun sangat mudah dijangkau baik dangan kendaraan roda 2 maupun roda empat.
Sumur minyak dan gas bumi di wilayah Kabupaten Blora yang pertama kali di ketemukan oleh BPM pada tahun 1890, jumlah sumur + 648 buah, 112 buah sumur diantaranya dapat memproduksi minyak diantaranya + 16.550.790 m2, sedangkan ladang gas bumi yang berada di wilayah Cepu ; berada di Balun dan Tobo. Adapun disekian banyak sumur minyak yang di ketemukan baik di wilayah Kabupaten Blora sendiri atau disekitarnya, terdapat sumur minyak tua yang ditambang secara tradisional oleh masyarakat setempat dengan menggunakan tali dan timba yang ditarik + sejumlah 15 orang diwilayah Wonocolo, tetapi masih masuk dikawasan hutan jati KPH Cepu Kabupaten Blora. Karena pada umumnya kawasan lokasinya berada di perbukitan dan ditengah kawasan hutan hal ini sangat menarik, unik dan menawan, sehingga banyak dikunjungi baik Wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

alt

Waduk Greneng
Waduk Greneng merupakan sebuah tempat Obyek Wisata Alam berupa Waduk terletak didukuh Greneng desa Tunjungan Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora + 12 km kearah barat laut dari Kota Blora . Obyek Wisata ini mempunyai fungsi ganda yaitu sebagai fungsi utama irigasi tanah pertanian dan pembesaran ikan air tawar. Karena letak dan lokasinya yang begitu indah dan menarik, serta berlatar belakang dekat dengan hutan Wilayah KPH Mantingan yang menambah suasana berkesan keindahan pemandangan alamnya, sehingga Obyek Wisata Waduk Greneng juga merupakan Obyek Wisata yang banyak dikenal oleh masyarakat baik dari dalam maupun dari luar kota, khususnya kaum remaja yang mempunyai hoby memancing.
Obyek Wisata Waduk Greneng mempunyai hamparan yang sangat luas ± 45 ha dengan terdapat beberapa macam / jenis air tawar, sehingga banyak masyarakat setempat yang menjajakan ikan hasil tangkapannya, dalam hal ini merupakan kegiatan yang dapat menambah semaraknya suasana waduk sekaligus sebagai daya tarik Obyek Wisata Waduk Greneng. Untuk mencapai Obyek Wisata dapat dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dan disamping itu medannya gak sulit.Objek Wisata Di Indonesia Surga Dunia.

alt

Keunikan Seni Budaya
Syawalan Hari Jadi Kabupaten Blora dilaksanakan setiap setahun sekali pada tanggal 11 Desember, dengan berbagai kegiatan ktab pusaka, ziarah ke makam Bupati tempo dolo
Manganan Janjang, upacara adat yang dilaksanakan setiap setahun sekali setiap hari Jum’at Pon Bulan Sapar (tahun Jawa), lokasinya dimakam Jati Kusumo dan Jati Swara, Desa Janjang, Kec. Jiken ±31 km kerah tenggara kota Blora.

alt

Kuliner
Sate Blora adalah sate ayam yang tidak jauh beda dengan sate pada umumnya tetapi dalam penyajiannya tusuk sate dengan lid. Kalau orang jajan atau membeli diwarung sate yang dihitung dengan banyaknya lidi.
Soto Kletuk, tidaj jauh beda dengan masakansoto lainya tetapi  cara penyajiannya dengan ditambah Kletuk yaitu gorengangemblong ketela yang diiris-iris kecil-kecil untuk menambah kesedapan rasa.

alt

Cinderamata
Kerajinan bubut kayu Jati  dan Gembol yang dibuat berbagai macam produk seperti meubel, tempat lampu, vas-vas bunga dll.