Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Demak
     

KABUPATEN DEMAK
KABUPATEN Demak dengan Ibukotanya kota Demak, terkenal dengan sebutan kota wali dengan luas wilayahnya ±1.149.77 km², tanggal 2 Mei 1547 ditetapkan sebagai hari jadi Kabupataen Demak. Kondisi geografis Kabupaten  Demak terletak pada 6° 43’’ 20’’ - 7° 09’ 43’’ Lintang Selatang 110 ° 48’ 47’ Bujur Timur, Posisinya dibatasi oleh Kota Semarang disebelah barat Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara disebelah timur, Kabupaten Semarang dan Grobongan disebeah selata, Laut Jawa disebelah utara. Kabupaten Demak adalah dataran rendah memiliki anatai sepanjang 34,1 km²  dan dilalui jalan pantura Jawa yang menguhung Jakarta-Semarang-Surabaya. Kota Demak yang berjarak 25 Km daei Kota Semarang merupakan tempat berdirinya kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Daya tarik wisata Kabupaten Demak antara lain, Pantai Morosari, Pantai Moro Demak, Ujung Tanduk Kepala Sungai Wulan, Agrowisata Blimbing, Masjid Agung Demak, Makam Sunan Kalijaga.

PANTAI MOROSARI
Merupakan wisata bahari yang terletak di Desa Bendono sekitar 3,5 Km dari jalan raya Semarang. Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, MCK, Jet Ski, Motor Boat, Perahu Naga, parasailing, Restoran. Telp: (024) 70794433

alt           

MASJID AGUNG DEMAK
Masjid Agung Demak merupakan masjid tertua di Pulau Jawa, yang dibangun para Wali Songo pada tahun 1478 pada masa pemerintahan Sultan Patah, hingga sekarang masih nampak kokoh. Masjid ini merupakan cagar budaya yang memiliki nilai histores dan arkologi.  Secara arsitektiral salah satu keistemewaan adalah bentuk dan beratap limas piramida bertingkat tiga yang menjadi ciri khas masjid Jawa, ini menunjukan islamiah yaitu iman, Islam dan ihsan.
Masjid Agung Demak terletak dijalan Raden Patah dan mudah dijangkau jalur jalan Semarang-Surabaya sebelah utara masjid pengunjung dapat berziarah kemakaman anggota keluarga Kerajaan Demak. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, MCK, Warung Makan, kios cinderamata, museum.

alt

MAKAM SUNAN KALIJAGA
Sunan Kalijaga merupakan salah satu dari 9 wali penyebar agama islam pertama diyanah Jawa pada jaman kerajaan Demak. Makam Sunan Kalijaga terletak di Jl. R.Sahid, Kadilangu ± 1,5 km sebelah timur Kota Demak banyak dikunjungi para peziarah terutama pada malem Jum’at Kliwon.
Fasilitas : Tempat Parkir, MCK, Warung makan.

alt

Keunikan Seni Budaya
Grebeg Demak, merupakan prosesi ritual dengan kegiatan ziarah kemakaman Sultan-sultan Demak dan Sunan Kalijaga, pasar malem rakyat, Sholat Ied serta penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijaga (Kutang Ontokusuma dan Keris Kyai Cubruk).
Sawalam Moro Demak, merupakan prosesi ritual budaya tradisional masyarakat Desa Moro, Kec. Bonang sebagai perwujudan dan rasa syukur para nelayan setempat yang telah mendapat hasil yang berlimpah dan mempunyai daya tarik ada;ah romban perahu dengan menggunakan dayung dan larung kepala sapi yang dihias ditengah laut.
Rebana Modern, merupakan kesenian dengan menggunakan rebana yang dipadu instrumen musik elektronik dan syair yang dinyayilan bernuasa relegius agama Islam dengan perpaduan gerak tari zippin pesisiran.