Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Magelang
    

Kabupaten Magelang
Dengan kota mungkit, memiliki luas wilayah 1.085,73 km2, kabupaten ini terletak pada 7o 30’ 13’’ - 7o 42’ 16’’ lintang selatan dan 110o 01’ 50’’ - 110o 26’ 58’’ bujur timur, diapit oleh kabupaten wonosobo dan kabupaten purworejo disebelah barat, kabupaten temanggung dan kabupaten semarang disebelah utara, kabupaten sleman (DIY) disebelah selatan, kabupaten boyolali di sebelah timur.  Kabupaten magelang memiliki daya tarik wisata alam dan budaya antara lain:Air Terjun Sekar Langit, Air Terjun Kedung Kayang,Pemandian Air Hangat Candi Umbul, Ketep Pass, Telaga Blender, Taman Anggrek Borobudur, Curug Silawe, Arung Jeram Citr Elo, Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut, Candi Umbul, Candi Ngawen, Candi Canggal, Candi Gunung Wukir, Candi Lumbung, Goa Pangeran Diponegoro, Taman Ria Mendut, Gelanggang Renang Kalibening

alt

Candi Borobudur
Terbesar didunia yang merupakan salah satu karya “master piece” di antara tujuh keajaiban dunia terletak di desa borobudur kecamatan borobudur kurang lebih 3 km dibangun oleh raja samaratungga, salah satu raja kerajaan mataram kuno, keturunan wangsa syailendra.  Berdasarkan prasasti kayumwungan, seorang indonesia bernama hudaya kandahjaya mengungkapkan bahwa borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun.  Nama borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras(budhara), sementara beberap yang lain mengatakan borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.
Bangunan borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat.  tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 43,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan.  Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat diatasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa budha yang menghadap ke arah barat.  Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia.  Sesuai mahzab budha mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut.  Bagian dasar borobudur disebut kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu.  Empat tingkat diatasnya disebut rupdhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk.  Pada tingkat tersebut, patung budha diletakakan terbuka.  Sementara, tiga tingkat diatasnya dimana budha diletekkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa dan bentuk.  Bagian paling atas yang disebut arupa melambangkan nirwana, tempat budha bersemayam.

alt

Candi Mendut
Terletak 3 km ke arah timur dari candi borobudur, merupakan candi budha yang dibangun tahun 824 masehi oleh raja Indera dari wangsa Syailendra.  Di dalam candi mendut terdapat 3 patung besar.  Cakyamuni, yang sedang duduk bersila dengan posisi tangan memutar roda dharma.  Awalokiteswara sebagai bodhi satwa membantu umat manusia awalokiteswara merupakan patung amitabha yang berada di atas mahkotanya, Vajrapani.  Ia sedang memegang bunga teratai merah yang diletekkan di atas telapak tangan.  Dan maitreya sebagai penyelamat manusia di masa depan.

alt

Taman Anggrek Borobudur
Taman anggrek ini dilengkapi laboratorium pembibitan bunga anggrek, greenhouse, bibit bunga anggrek dan tanaman hias lainnya.  Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, mck, tempat penjualan tanaman anggrek dan bunga anggrek potong.  Ditempat ini dibudidayakan beraneka ragam anggrek.  Diantaranya adalah jenis Phalaepnopsis, Dendrobium dan Vanda Taman anggrek yang terletak di Jalan Mayor Kusen NO 11 ini diresmikan pada 2 februari 1980 oleh Gubernur Jawa Tengah waktu itu, Soepardjo.

alt

Curug Silawe
Air terjun ang terletak di lereng gunung sumbing dengan ketinggian kurang lebih 50 m.  Terletak di desa sutopati, kecamatan kajoran.  Selain dapat menikmati sejuknya hawa pegunungan juga dapat disaksikan panorama indah berupa hamparan hutan pinus.

alt

Arung Jeram “Citra Elo”
Merupakan wisata petualangan/tantangan disungai sepanjang 12 km, terletak di desa progowati kec. Mungkid sebelum candi borobudur.

alt

Candi Pawon
Merupakan tempat penyimpanan  senjata raja indera yang bernama Vajranala.  Candi ini terbuat dari batu gunung berapi.  Ditinjau dari seni bangunannya merupakan gabungan seni bangunan hindu jawa kuno dan india.  Candi pawon terletak tepat d sumbu garis yang menghubungkan candi borobudur dan candi mendut.  Selain letaknya, kemiripan motif pahatan di ketiga candi tersebut juga mendasari adanya keterkaitan diantara ketiganya.  Poerbatjaraka, bahkan berpendapat bahwa candi Pawon merupakan upa angga(bagian dari) candi barabudhur.

alt

Museum Widayat
Didirikan tahun 1994 dan terletak sekitar dua kilometer dari candi borobudur.  Ada 1001 lukisan karya widayat yang disimpan di museum itu.  Sejak widayat meninggal pada 2002, museum itu diserahkan untuk kepentingan umum.  Museum seni rupa H. Widayat berdiri diatas areal tanah seluas kurang lebih 7000 m2 terletak di jalur wisata diantara candi mendut dan candi borobudur, kira-kira 2 kilometer sebelum memasuki area  candi borobudur, tepatnya di Jl. Letnan Tukiyah 32 Kota Mungkid, kabupaten magelang, jawa tengah.  Museum H. Widayat terdiri atas 3 bangunan utama, MUSEUM H. WIDAYAT, GALERI HJ. SOEWARNI(d/h GALERI WIDAYAT) dan ART SHOP HJ. SOEMINI, serta AREA TAMAN yang dimanfaatkan untuk meletekkan karya seni outdoor, dibangun tahap demi tahap sesuai dengan perluasan area dan peruntukannya.

alt

Candi Selogriyo
Merupakan candi Hindu, terletak di lereng bukit Sukorini sebelah timur Gunung  Sumbing di Kec.  Windusari.  Candi Selogriyo ini berlokasi di kaki bukit Condong, berbatasan dengan Bukit Giyanti, secara keseluruhan terletak di lereng Bukit Sukorini sebelah Timur Gunung Sumbing di Kecamatan Windusari.  Merupakan bangunan dengan “candi-candi” Hindu.

alt

Taman Rekreasi Mendut
Bagi pengunjung Candi Borobudur yang ingin lebih menikmati suasana santainya dapat singgah di Taman Rekreasi Mendut dalam perjalanan pulangnya karena tempat ini terletak di tepi jalan arab Candi Borobudur.  Fasilitas taman ini antara lain: kolam renang bertarf internasional, kolam renang anak-anak, arena bermain, lapangan tenis, mushola, cafetaria dan parkir luas.

alt

Telaga Bleder
Merupakan obyek wisata tirta dengan panorama alam yang indah serta hawa yang sejuk, terletak di Desa Ngasinan, Kec. Grabag.  Fasilitas yang tersedia: tempat parkir, MCK, speed boad, sepeda air, becak air.

alt

Ketep Pass
Berada pada ketinggian 1200 meter dpl, luas kawasan ini sekitar 8000 m2,terletak di Desa Ketep, Kec. Sawangan, berjarak 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali dan 32 Km dari Kota Salatiga.  Daya tarik yang dapat dinikmati di obyek ini pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Tidar, Gunung Andong dan pegunungan Menoreh serta hamparan lahan pertanian.  Untuk mencapai tempat tujuan tsb. Bisa dari arah magelang atau dari arah Boyolali maupun dari arah Salatiga.  Fasilitas yang tersedia:tempat parkir, MCK, gazebo, mushola, vulkano teather, kios cinderamata, kios penjualan sayuran, rumah makan, museum, teropong gunung merapi.

alt

Desa Wisata Candirejo
Desa ini terletak di Kec. Borobudur sekitar 2,5km dari Candi Borobudur.  Daya tarik wisata utama desa wisata candirejo adalah segala keunikan, berupa kebudayaan tradisional, terkait keaslian kehidupan desa yang alami.  Berbagai daya tarik wisata dapat dinikmati seperti tradisi lokal(Nyadran, Sedekah Bumi)Kesenian Lokal(Jathilan, Kubrosiswo)dan industri rumah tangga(kerajinan bambu dan pandan)sebagai cinderamata sewaktu berkunjung.  Tersedia sarana akomodasi dengan pondok-pondok wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat dan tersedia pula paket-paket wisata alam pedesaan yang menarik.

alt

Keunikan seni budaya
Upacara waisak merupakan peringatan hari raya umat budha yang dipusatkan di candi borobudur, prosesi upacara dimulai dari candi mendut dan puncak acaranya dilaksanakan di candi borobudur.  Kesenian Kobra Siswo merupakan tarian misal yang dilakukan oleh 25 – 40 orang penari, gerakan tari yang dinamis dengan tabuhan dan lagu-lagu yang menarik.

alt

Kuliner
Tape ketan, tape yang bahan bakunya dari ketan
Wajik, terbuat dari ketan dengan rasa yang manis dan diberi warna

alt

Cindera mata
Kerajinan kaleng bekas, pusat kerajinan di Desa Ngadirejo dan Des Tirto Sari.  Kaleng-kaleng bekas yang dibuat hiasan dinding, patung, wayang dsb.Kerajinan pahat batu, produk kerajinan yang dihasilkan berupa patung, market candi, peralatan rumah tangga.  Bahan bakunya dari batu gunung.
Kerajinan tanduk, produk kerajinan yang dihasilkan berupa alat rumah tangga, hiasan dinding tusuk kond dsb.  Pusat pengrajin Desa Pucang, Kec. Secang

AKOMODASI
HOTEL BINTANG
AMAN JIWO
LOSSARI RESORT
SARASWATI
MANOHARA
NING TIDAR

HOTEL MELATI
ROSITA 1
ROSITA 2
CATUR PUTRA
PONDOK TINGAL
SYAILENDRA
SECANG PERMAI
LOTUS
BIMA SAKTI
PURNA ARTHA 1
LOMBOK CHANDRA
RESTORAN
DEJAVU
BOROBUDUR

RUMAH MAKAN
LESTARI GROUP
ES ENY
SUMBER REJEKI MULYA
JAMPI SAYAH
CINTA RASA
CUTA MINANG
MIA SARI
MANGGA
PAK DAR
MUKRI
ACC
MORO SENENG
PONDOK TINGAL
BANGUN UTAMA
LISA
AYAMG GORENG BU TATIK
PROGOSARI
SEDERHANA
BAKSO APOLLO
ANIK MERTOYUDAN
MUNTILAN
RODA BARU
BU MUS
WAROENG IJO
SARI NIKMAT
DWI PUTRA
SUMBER REJEKI MULYO
MBOK SABAR
SOTO MAKASAR
SLAWI AYU
KONDANG
BALEKAMBANG
FAMILI RESTO
CINDE LARAS
BALEDONO
SANDY
ANIK
CINTA RASA
BERG VIEW

MAKANAN KHAS
Tape Ketan
Slondok
Jenang jenmunak
Kripek Tempe
Kripek Tahu
Kupat Tahu
Sego Megono
Rica-rica Entok
Kuliner Khas Magelang
Wajik Ny. Week
Krasikan
Gudeg Bu Santi
Gudeg Bu Jayus

GELANGGANG PERMAINAN
Play Station ‘Ngazi’
Sagita
Play Station ‘Kusuma’
Warnet & Game net ‘Tambakan Net’

PANTI PIJAT
Nuraeni, Pijat Sehat

TAMAN REKREASI
TR. MENDUT
TR. KALIBENING

KARAOKE
Enjoy
Dejavu

LAPANGAN TENIS
TR. MENDUT
TR. KALIBENING

GELANGGANG REMAJA
TR. MENDUT
TR. KALIBENING

SANGGAR SENI
Sanggar Tari Puspita Rini
Sanggar Tari Dwijo Langen Bekso
Sanggar Tari Sekarwangi

GALERY SENI
The Java Galery
Surya Jaya Galery
Souvenir Shop “Borobudur Silver”

Biro Perjalanan Wisata

ASIA BALI
SUKSES TOUR
BOROBUDUR TOUR & TRAVEL
CV. CITRA SEJAHTERA
PT. SEKARJATI PRIMA SAKTI
CV. LANGIT BIRU
CV. ROSANO PUTRIAYU TRANSWISATA
CV. SURYA MANDIRI
JAVA TOUR & TRAVEL
KOPARDA WONOROJO