Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Pati
    

KABUPATEN PATI
Ibukota kabupaten Pati adalah Kota Pati, luas wilayah Kabupaten Pati 149.199 Ha. Secara geografis berbatasan dengan Kabupaten Jepara dan Laut Jawa disebelah utara, Kabupaten Kudus dan Kabuapaten Jepara disebelah barat. Laut Jawa dan Kabupten Rembang disebelah timur. Kabupaten Glora dan Kabupaten Grobongan disebelah selatan, terletak diantara 6° 25’-7° 00’ Lintang Selatan 110° 50’ – 111 ° 15’ Bujur Timur. Kebupaten Pati memiliki potensi wisata alam dan budaya yang memiliki daya tarik, potensi tersebut antara lain : Wisata Goa Pancur dan Goa Wareh, Wisata Buatan : Pintu Peninggalan Kerajaan Majapahit, Makam Syekh Jangkung Londoh. Wisata Buatan: Waduk Gunung Rowo Indah

alt

KEBUN KOPI JOLONG
Hamparan kebun Kopi yang sangat Luas, dengan hawa yabg sejuk, terletak dilereng Gunung Muria membuat kebun kopi ini banyak dikunjungi wisatawan.

alt

WADUK GUNUNG ROWO INDAH
 Waduk ini luasnya sekitar 320 ha, yang di kelilingi gunung dan lembah-lembah dengan panorama alam yang indah.Obyek ini terletak di desa Sitiluhur, Berjarak ± 16 Km dari kota Pati kearah utara.Pengunjung dapat menikmati hawa sejuk dan pemandangan alam sekitar berupa Gunung dan lembah dengan  tanaman kopi,cengkeh,buah-buahan dan pertanian lain. Wisatawan dapat beraktifitas dengan bersampan mengelilingi waduk dan naik kereta mini menelilingi sekitar waduk.Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, gardu pandang, panggung terbuka, speedboat, bebek air, jalan lingkar waduk

alt

MAKAM SYEH JANGKUNG LONDOH
Menurut cerita Saridin (Syeh Jangkung) dilahirkan di Desa Londoh Kiringan Tayu.Setelah dewasa beliau berkelana di daerah-daerah Pulau Jawa bahkan sampai di Sumatra untuk menyebarkan Agama Islam. Semasa hidupnya Beliau berwasiat apabila wafat agar dimakamkan di Desa Landoh Kayen. Makam ini banyak dikunjungi peziarah khususnya pada hari malam Jum’at Kliwon dan Jum’at Legi, dan upacara khaul dilaksanakan setiap tanggal 14-15 bulan Rajab dengan acara ganti kelambu, pengajian dan pasar malam. Terletak di Desa Kayen, Kec. Kayen ± 17 km dari Kota Pati ke arah selatan, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
Fasilitas yang tersedia : pendopo, masjid.

alt

AIR TERJUN GRINJINGAN SEWU
Air terjun dengan ketinggian 25 m, ditengah kesejukan alam yang asri dan indah, yang terletak di desa Jrahi Kec. Gunungwungkal. Karena akses untuk menuju obyek ini sangat sulit dilalui kendaraan membuat  obyek wisata alam jarang dikunjungi wisatawan.

alt

GOA PANCUR
Merupakan goa stalakmit dan stalaktik indah yang dikelilingi hutan jati, di dalam goa masih menggenang air seperti sungai dan air tersebut digunakan untuk mengairi sawah sekitarnya. Panjang goa 736 m dengan debit air 401/detik cukup untuk pengairan sawah di sekitarnya .
Fasilitas yang tersedia :tempat parkir, kolam pancing rumah makan apung.

PANTAI PELABUHAN IKAN BANYUTOWO
Dengan pemandangan laut lepas diwilayah utara laut Jawa membuat pantai ini dijadikan pelabuhan ikan, tempat pesiar perahu nelayan tradisional, dan sebagai tempat untuk memancing oleh warga sekitar pantai.

alt

PINTU GERBANG MAJAPAHIT
Merupakan peninggalan kerajaan Majapahit hindu, konon pintu tersebut dibawa oleh Kebo Anyabrang atas perintah Sunan Muria salah satu dari Walisongo untuk  melanjutkan perjalanan akhirnya Sunan Muria memerintahkan Kebo Anyabrang untuk menunggu pintu gerbang tersebut sampai meninggal dunia. Terletak di Desa Muktiharjo, kecamatan Argo berjarak ±4 km dari Kota Pati.

alt

SENDANG TIRTA MARTA SANI
Terletak di Dukuh Sani Ds. Tamansari Kec. Telonggowungu. Wisata sekeluarga dengan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. HTM. Rp.1.000, fliying fox Rp.6.000, kolam renang Rp,1.500

KEUNIKAN SENI BUDAYA
Upacara adat Meron, dilaksanakan setahun sekali pada bulan Mulud untuk memperingati hari lahir nabi Muhammad SAW, di Desa Sukolilo, Kec. Sukolilo.

alt

KULINER
Nasi gandul, nasi dengan kuah coklat yang bersantan banyak rempah dicampur daging sapi atau empal, paru, hati, kikil dsb. Cara penyajianya unik nasi yang sudah di campur kuah + daging/lainya ditaruh di piring yang diberi alas daun pisang dan cara menyantapnya tidak dengan sendok tetapi dengan daun pisang yang memanjang dan dilipat (suru bahasa jawa), sehingga masakanya lebih enak dan sedap.

alt

CINDERAMATA
Kerajinan kuningan, berupa lampu gantung, lampu dinding, vas bunga, cinderamata dll. Berpusat di Juwana ± 10 km dari Kota Pati.