Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Pemalang
alt

BUPATEN PEMALANG
Kabupaten Pemalang memiliki luas wilayah 101.200 ha.  Secara geografis dibagian selatan merupakan dataran tinggi yang berhawa sejuk penuh dengan panorama alam pegunungan dan dibagian utara berupa dataran rendah, terletak pada posisi antara 60 50’ – 60 53’ Lintang Selatan dan 1090 08’ – 1090 10’ Bujur Timur.  Dengan batas wilayah sebelah  barat Kabupaten Tegal, sebelah timur Kabupaten Pekalongan, sebelah utara Laut Jawa, sebelah selatan kabupaten Purbalingga.
Daya tarik wisata Kabupaten Pemalang meliputi Pantai Widuri, Pantai Blendung, Telaga Silanting, Pantai Joko Tingkir, Agro Wisata teh semugih Moga, Curug Spendok, Curug Wulung, Goa Gunung Wangi.

alt     

Pantai Widuri
Pantai widuri adalah pantai yang terletak di desa Widuri maka itulah dinamakan Pantai Widuri.  Masyarakat sekitarnya lebih mengenal dengan sebutan cilincing.  Desa Widuri terletak di kecamatan pemalang kabupaten pemalang jawa tengah.  Seleah barat adalah kelurahan sugih waras (tanjung sari), sebelah timur desa dana sari, sebelah selatan kelurahan pelutan dan sebelah utara adalah laut jawa.
Nama widuri diambil dari legenda nyi widuri seorang yang cantik jelita yang hidup di desa tersebut.  Jika anda sedang berada di ibukota kabupaten pemalang atau tepatnya berada di alun-alun kota maka cobalah anda menghadap utara maka akan terlihat jalan lurus dari depan kabupaten sampai ke pantai widuri.  Konon, menurut legenda Pemalang, jalan lurus tersebut dibuat oleh seorang Patih yang sangat sakti yang apabila diperintah, beliau selalu menjawab sampun (sudah terlaksana), kemudian Patih itu dikenal dengan nama Patih Sampun.
Pantai widuri merupakan obyek wisata andalan kabupaten Pemalang.  Pantai ini ramai dikunjungi orang setiap hari libur dan hari raya Idul Fitri, pengunjung bisa tumpah ruah di pantai widuri.  Obyek wisata yang ada mulai dari bentangan pantai yang tidak begitu luas, namun di pinggiran pantai banyak ditumbuhi  pohon-pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun dan terdapat tempat-tempat duduk untuk menikmati keindahan pantai dan menikmati sunrise serta sunset, beraneka ragam tempat wisata kuliner spesial sea food, obyek wisata air waterboom yang terbaru, arena bermain anak-anak, panggung untuk pagelaran musik, lapangan tenis dan sirkuit balap motor.  Obyek wisatanya sendiri dikelilingi oleh tembok-tembok pembatas yang mengelilinginya kalau dihitung luas di dalamnya kurang lebih sekitar 10 hektar saja.

alt

Pantai Blendung
Blendung merupakan obyek wisata pantai, dengan pantainya yang masih alami terletak di desa blendung Kec. Ulujami, berjarak sekitar 26 km dari Kota Pemalang kearah timur laut.

alt

Pantai Joko Tingkir
Merupakan obyek wisata pantai, dengan pantainya yang masih alami, pengunjung dapat menikmati panorama laut dengan deburan ombak Laut Jawa, burung camar yang terbang diatasnya, perahu-perahu nelayan da senja hari dapat menyaksikan panorama matahari terbit.  Terletak di desa Loning, kec. Petarukan, berjarak kurang lebih 12 km dari Kota Pemalang kearah timur laut.

alt

Telaga Silanting
Merupakan obyek wisata tirta yang diapit bukit-bukit berpanorama alam yan gindah dan sejuk hawanya, terletak di desa Sikasur, Kec. Belik, berjarak kurang lebih 33 km dari Kota Pemalang ke arah Selatan.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan, panggung terbuka di tengah telaga.

alt

Keunikan lokal budaya :

Keunikan lokal daerah  yang dimiliki dan menjadi daya tarik wisata kabupaten pemalang adalah :

Baritan, adalah upacara melarung Jolen yang berisi makanan, minuman dan buah-buahan ke tengah laut.  Acara ini diselenggarakan oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur.  Upacara ini diikuti oleh ratusan perahu yang telah dihias berwarna-warni.  Selesai upacara diadakan berbagai macam hiburan selama tiga hari tiga malam berturut-turut.  Baritan dilaksanakan tiap tahun sekali yaitu, tiap har Selasa atau Jum’at Kliwon pada setiap bulan Maulud.

alt

Kuliner
Apem comal, yaitu apem yang mempunyai rasa khas dan bentuknya besar yang bertatakan daun pisang.
Soto grombyang, tidak jauh berbeda dengan masakan soto lainnya tetapi kuahnya kecoklatan dengan daging/jeroan kerbau dan tauge.
Lontong dekem, lontong yang dimasak di dalam kuali disertai kari bebek.

alt

Cinderamata
Berupa kerajinan sapu glagah.

AKOMADASI

HOTEL MELATI
DIRGAHAYU
PEMALANG
DEWI SRI
MOGA INDAH
PANORAMA

RUMAH MAKAN
PRINGJAJAR
WIDURI
BU UM
SAIYO
MACHARD
SIBENG
LUAS INDAH
JAVA
ALOHA
MBOK BEREK
SEGORO
IBU SRI
DAMAI
MBAK MIEH
SATE LOSO
SARI NIKMAT
UTOMO
NASI SAMBEL
ATRIA
KARDI
JAMBE KEMBAR
SAKURATA
CITRA GADING
CITRA LAUT
KEPITING PAK KARDI
GUBUG IKAN BAKAR
SOTO AYAM KHAS SMG
SEDERHANA

MAKANAN KHAS
Grombyang,
Grombyang
Sate Loso
Kamir Arab
Apem Kesesi
Tahu Randudongkal
Kacang Randudongkal
Nanas
Apokat Moga
Ikan Asin dan Trasi
Ikan Asin dan Trasi
Pisang sale
Emping Jagung
Rempeyek Kacang Hijau
Krupuk Krambak
Kripik Pohong Rasa Gadung

BIRO PERJALANAN WISATA
PRADANA TOUR
WIJAYA TOUR
KAMPUS BIRU MANDIRI
YUNISHA TOUR
BAHARI TOUR
DANNY TOUR
JAVA MUSTIKA TOUR
DUTA MULIA TOUR
TIARA TOUR
RAJAWALI TOUR PERSAD TOUR
ARI MITRA SEJTI TOUR
SURYA GEMILANG TOUR
INTAN TOUR & TRAVEL
MELLA TOUR
SAFA TOUR
PAHALA TOUR
FAMILY TOUR