Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Semarang
alt

KABUPATEN SEMARANG
Wilayah kabupaten Semarang merupakan wilayah daratan rendah dengan  perbukitan dan pegunungan berada pada ketinggian rata-rata 636 m di atas permukaan air laut, dengan suhu berkisar antara 23o C – 26o C dan luas wilayah mencapai 95.020.675 Ha, berbatasan dengan Kota Semarang di sebelah utara, Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Demak di sebelah barat, kabupaten Demak disebelah Timur, kabupaten Boyolali di sebelah selatan.  Secara astronomis berada pada garis 54,75o – 110,14o Bujur Timur 57o – 70,30o Lintang Selatan.  Gunung Ungaran, Gunung Merbabu, gunung Telomoyo, gunun g Gajah Mungkur, Gunung Mergi serta perbukitan dan Rawapening merupakan sumber daya alami yang menunjang pertumbuhan kepariwisataan Kabupaten Semarang.  Posisi Kabupaten Semarang sangat strategis sebagai daerah penyangga ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memberikan peluang dan kesempatan untuk mengembangkan segala potensi yang di miliki khususnya bidang pariwisata.
Kota ungaran merupakan ibukota Kabupaten Semarang yang berdampingan dengan Kota Semarang, berada pada jalur lintas pariwisata Joglosemar.
Kabupaten Semarang banyak memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan, menurut catatan ada sekitar 43 buah obyek wisata namun karenan adanya keterbatasan dalam pengelolaan baru beberapa obyek wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan, mancam daya tarik wisata tersebut antara lain, Agro Wisata Tlogo, Agro Wisata Banaran, Bukit Cinta, Wana Wisata Umbul Songo, Wana Wisata Penggaron, Air Terjun Semirang, Kartika Wisata Kopeng, Wisata Giri Gahana Sidomukti, Monumen Palagan Ambarawa, Museum KA Ambarawa, Candi Gedong Songo, Situs Brawijaya, Goa Maria Kerep, Curug 7 Bidadari Pemandian Muncul, Taman Wisata Rawa Permai, Kolam Renang Indah Sari, Kolam Renang Tirto Argo, Bandungan Indah

alt      

Agro Wisata Tlogo
Kebun Tlogo terletak di desa Tlogo berjarak 1 km dari jalan raya Semarang – Solo, merupakan perkebunan kopi dan karet yang dikelola oleh Perusda Jateng memiliki panorama alam dengan hawa yang sejuk dan nyaman.  Wisatawan dapat menikmati udara sejuk dengan berjalan kaki mengelilingi perkebunan, dapat melihat proses karet dan kopi serta dapat melakukan kegiatan outbound.
Fasilitas yang tersedia : Tempat Penginapan, kolam pemancingan, tempat parker yang luas, shelter, sarana untuk kegiatan outbon, sepeda gunung.  Telp: (0298) 340111, fax:340222

alt

Bukit Cinta
Terletak di desa Kebun dowo dipinggir Rawa Pening, dapat menikmati panorama bukit Brawijaya dan hamparan air Rawa Pening.  Fasilitas yang tersedia : Tempat Parkir, gardu pandang, taman bermain anak-anak, pangkalan perahu wisata yang mengelilingi rawa.

alt

Banaran
Merupakan obyek wisata yang terletak di areal perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan pada ketinggian 480 – 600 m dpl. Tepatnya Jl.  Raya Semarang – Solo Km 35.  Wisatawan dapat menikmati udara sejuk di perkebunan kopi dan menikmati sedapnya minum kopi “Banaran coffee”
Fasilitas yang tersedia: Tempat parkir, MCK, arena bermain anak-anak, mushola, lapangan tenis, coffee walk, outbond games, kolam renang, gazebo, taman buah, flying fox, gedung pertemuan.  Telp : (0298) 7101770, Fax:7101789
Taman Rekreasi Kopeng

alt

Taman Rekreasi Kopeng

Kopeng merupakan tempat peristirahatan dengan suasana alam dan panorama pegunungan, terletak 14 km arah barat daya dari kota Salatiga.  Di kawasan ini banyak terdapat tempat penginapan (hotel) dan terdapat pula pasar tradisional yang menyediakan sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman hias.
Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, kolam renang, kolam pemancingan, tanam bermain anak-anak, bumi perkemahan, kios cenderamata, pasar sayur mayor, buah-buahan dan hasil pertanian masyarakat sekitar, tanaman hias, rumah makan.

alt

Air terjun Semirang
Terletak di desa Gogik di lereng gunung Ungaran dengan pemandangan alam yang menarik.  Pengunjung bias mandi menikmati air gunung yang sejuk.  Untuk menuju ke tempat ini pengunjung  harus berjalan kaki sekitar 2 km dari tempat parkir.  Sepanjang perjalanan dapat menikmati suasana desa yang masyarakatnya masih sangat tradisional serta hamparan perkebunan pala dan kopi.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK

alt

Pemandian Muncul
Merupakan tempat pemandian dengan air dari sumber mata air yang alami.  Disebelah kolam ini juga terdapat pembibitan dan kolam pemancingan ikan.
Wisatawan dapat menikmati panorama alam bukit Muncul.  Disebelah selatannya terdapat taman rekreasi(Taman Ria Tirto Muncul) yang dilengkapi dengan kebun binatang mini, taman bermain anak-anak, kolam pemancingan dan kolam renang.
Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, tempat pembibitan dan pemancingan.  Telp (0298)5993217

alt

Candi Gedongsongo
Komplek Candi Gedongsongo merupakan cnadi hindu, terletak pada ketinggian 1.800 meter diatas permukaan air laut dilereng gunung Ungaran tepatnya di Desa Candi Kecamatan Ambarawa. Dinamakan Candi Gedongsongo karena ditemukan semilan bangunan Candi. Gedong (Jawa) berarti rumah, songo (Jawa) berarti Sembilan, sehingga Gedongsongo berarti Sembilan rumah / Sembilan rumah dewa. Dari Sembilan bangunan candi tersebut, lima kelompok bangunan candi masih utuh sedangkan empat kelompok bangunan candi hanya tinggal pondasi dan reruntuhan bangunan.
Komplek Candi Gedongsongo dapat ditempuh dengan mudah lewat kota Ambarawa kearah utara berjarak 12 km. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan, kios cinderamata, persewaan kuda, tempat perkemahan, area untuk outbon, tempat bermain anak-anak, area panjat tebing, kolam untuk berendam air belerang.

alt

Monumen Palagan Ambarawa
Lokasinya dipinggir jalan Semarang-Yogyakarta, merupakan menumen sejarah bangsa yang dilengkapi dengan museum yang memiliki koleksi persenjataan kuno peninggalan penjajah. Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, museum, arena untuk outbond, tempat bermain anak-anak.

alt

Museum Kereta Api Ambarawa
Terletak di pusat Kota Ambarawa, berjarak sekitar 20 km dari Kota Ungaran. Museum kereta Api yaitu satu-satunya museum KA peninggalan Belanda di Indonesia dengan koleksi kereta api kuno, disamping itu menyediakan paket wisata pengunjung dapat menumpang kereta api yang bertenaga uap melalui rel bergerigi, sambil menikmati alam pedesaan dan pegunungan dari Stasiun Ambarawa menuju Stasiun  Bedono. Tersedia juga kereta api lori rute ambarawa – Tuntang PP sepanjang 13 km. tarifnyapun cukup murah, Rp. 10.000,-. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir yang luas, kios cenderamata, MCK.
Pendirian Stasiun Ambarawa ini berawal dari keinginan Raja Willem I untuk membangun stasiun kereta api guna memudahkan pengangkutan pasukan. Namun tahun 1970, stasiun ini ditutup. Akibatnya, jalur Semarang- Magelang-Yogyakarta menjadi mati. Tahun 1976, Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Rustam menjadikan Stasiun Ambarawa sebagai museum kereta Api. Meski kuno, gedung dan segala detil perlengkapannya masih terawat dengan baik. Suasana ini seolah membawa pengunjung ke masa kejayaan kereta api peninggalan Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij.Telp: (0298)591035

alt

Bandungan Indah
Bandungan merupakan tempat peristirahatan dengan kolam renang sebagai obyek utamanya, pengunjung disamping berenang dapat menikmati suasana panorama alam pegunungan. Obyek ini dikelola pleh PT. KAI bekerjasama dengan pihak swasta, terletak di Jl. Sukarini/Junggul Bandungan mudah ditempuh dengan kendaraan umum maupun pribadi, berjarak sekitar 10 km dari kota ungaran. Di kawasan bandungan ini banyak terdapat penginapan (hotel) dan pasar tradisional yng menyediakan sayur-sayuran khas bandungan, buah-buahan dan tanaman hias. Fasilitas yang tersedia : Pesanggrahan, tempat parkir, kolam renang, arena bermain anak-anak. Tel: (0298) 711090

alt

Taman Wisata Rawa Permai
Terletak ditepi jalan raya Semarang – Solo Jl. Fatmawati No. 154 Lopait, berjarak sekitar 25 km dari kota Ungaran, memiliki pemandangan alam yang indah, Rawa Permai merupakan wisata alam ditepi Rawapening yang dilengkapi dengan rumah makan lesehan dengan aneka makan khas. Fasilitas yang tersedia : Tempat  parkir, kolam renang, tempat bermain anak-anak, rumah maka lesehan. Di depan Rawa Permai terdapat pasar kriya Jawa Tengah yang merupakan pusat penjualan berbagai kerajian.

alt

Umbul Sidomukti
Merupakan taman renang dengan umbulnya yang memancarkan airnya secara alami ditengah kolam,selain panorama yang indah dan hawa yang sejuk. Terletak di lembah Sidomukti, Bandungan, Kab. Semarang, Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, Flying Fox, outbond training, taman berani, camping ground, trekking. Telp : 08886467518

alt

Wisata Nostalgia Jawa (Desa Wisata Keji)
Terletak di lereng Gunung Ungaran dengan panorama yang alam pedesaaan berhawa sejuk penuh ketentraman dan kedamaian. Tepatnya berada di Dusun Suruhan Ds. Keji Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang Jawa Tengah, 4 Km dari kota Ungaran dan 26 Km dari kota Semarang . Menampilkan atraksi dalam bentuk pagelaran seni budaya tradisioanal dan permainan tardisional. Disini wisatawan yang datang akan disambut dengan keramahan seluruh pendukung atraksi wisata Noatalgia beserta masyarakat sekitar. Sebagai ungkapan “Selamat Datang” wisatawan akan disajikan pengalungan cinderamata hasil karya anak-anak desa. Welcome Drink, Makanan Khas “Getuk Tetek Melek ”, dan Welcome Dance “Kuda Debog” sebagai mascot wisata Nostalgia. Wisatawan selain menikmati juga diajak interaksi ikut bermain permainan tradisional, menari bersama dan memainkan musik lesung. Sajian wisata ini dikemas dalam bentuk paket wisata yang menarik. Telp. 08156558737

alt

Hills Joglo Villa
Merupakan daya tarik wisata yang berupa Bangunan Komplek rumah joglo dengan gaya arsitektur Jawa Tengah.  Berlokasi di desa Lerep Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang berjarak sekitar 3 Km dari pusat kota Ungaran, atau 16 Km dari Kota Semarang. Hills Joglo Villa merupakan tempat yang sangat cocok dan nyaman untuk melepas lelah diakhir pekan, karena merupakan tempat wisata dengan nuansa alam pedesaan dipadu dengan persawahan dan hawa sejuk serta dilengkapi dengan restoran, galeri, penginapan, tokobrang antic, Ada sekitar 5 rumah Jogloyang berdiri diatasnya kesemua bangunan itu merupakan bangunan asli, bukan bangunan yang baru di buat. Maka tidak mengherankan kalau usia joglo-joglo tersebut bisa mencapai 100-300 tahun. Meski kapasitas per rumah berbeda, namun secara keseluruhan resort berhawa sejuk ini mampu menampung hingga 37 tamu. Telp (024) 6926101 / 6926103.

alt

Curug Tujuh Bidadari
Berlokasi di Desa Keseneng, Kec. Sumowono, Kab. Semarang. Merupakan air terjun tiga susun setinggi sekitar  10 meter ini airnya jernih, segar dan udaranya sejuk serta dikelilingi pohon dengan pemandangan terasiring persawahan. Tidak jauh dari tempat itu, gemiricik air di pertemuan dua sungai, yaitu sungai Beringin dan Banteng, memecah kesunyian. Konon, sejumlah bidadari pernah mampir untuk mandi di air terjun tersebut. Menjadikan Air Terjun Tujuh Bidadari merupakan sebuah perpaduan yang menyenangkan bagi penyuka jalan-jalan, sepeda gunung dan fotografi serta membantu menghilangkan penat dari rutinitas.

Keunikan Seni Budaya
Acaan, merupan prosesi bersih desa sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Lokasinya di Desa Tawang, Kec. Susukan. Sedekah Rowo, Berupa arak-arakan tumpeng robyong dan air suci dari 7 sumber diiringi warga setempat dengan pakaian tradisional jawa yang dimulai dari candi Dukuh Bulit Brawijaya menuju Rawa Pening dengan penyalaan obor sewu sebagai simbul pepandang, lokasinya di Desa kebondowo Kec. Banyubiru. Tari Kendalen, merupakan tarian berkuda, lokasinya di desa Ngrawan, Kec. Getasan.

alt

Cinderamata
Kerajinan enceng gondok, bahan dasar dari tanaman enceng gondok yang diolah menjadi tas, sandal, hiasan dinding dll. Lokasi di Desa Kebondowo, Kec. Banyubiru. Enceng gondok ini bisa dipadukan dengan rotan untuk menjadi elemen-elemen mebel yang cantik dan indah.