Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kabupaten Sukoharjo
    

KABUPATEN SUKOHARJO
Kabupaten Sukoharjo dengan ibukotanya Kota Sukoharjo,  luas wilayah 466,66 km² berbatasan dengan  Kota Surakarta di sebelah utara, Kabupaten Karanganyar di sebelah timur, Kabupaten Wonogiri dan DIY di sebelah selatan, Kabupaten Klaten di sebelah barat. Kabupaten ini dibelah sungai Bengawan Solo menjadi dua bagian, bagian utara pada umumnya merupakan dataran rendah bergelombang, bagian selatan merupakan dataran tinggi dan pegunungan.
Daya Tarik  wisata Kabupaten Sukoharjo antara lain : Batu Seribu, Pesanggrahan Langenharjo, Makam Balakan, Makam Banyu Biru/Bekas Kraton Kartosuro, Bekas Keraton Pajang, Makam K.A. Purwoto Sidik, Desa Wisata Wirun, Gunung Sepikul, Waduk Mulur, Dam Colo, Umbul Pecinan, Kolam Renang GOR Solo Baru, Pandawa Water World, Wisata Tirta Grogol Indah.

alt

Batu Seribu
Merupakan tempat rekreasi keluarga yang didalamnya terdapat sumber air yang lebih dikenal dengan nama panca warna mengandung unsur-unsur kimia yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Terletak  di sebuah bukit kecil dengan pemandangan yang indah asri dan udara yang segar, terletak di Desa Gentan Kec. Bulu pada jalur jalan Nguter-Gentan, berjarak ± 13 km dari Kota Sukoharjo.  Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, warung makan, kios cinderamata, area tempat bermain anak-anak, panggung hiburan, kolam renang bertingkat, area perkemahan, gardu pandang.

Wisata Tirta Grogol Indah
Merupakan wisata tirta yang setiap periode tertentu diadakan lomba balap getek dan tangkap itik. Terletak di Desa Telukan dan Pondok, Grogol.
Fasilitas yang tersedia : Tempat parkir, MCK, Bebek air, Perahu dayung maupun bermesin, warung makan.

alt

Pesanggrahan Langenharjo
Merupakan suatu pesanggrahan peninggalan Kraton Surakarta, dibangun oleh Raja Pakubuwono X dan dibagian belakang terdapat pemandian air panas, dahulu kala merupakan tempat meditasi dan liburan bagi keluarga raja. Obyek ini terletak di Desa Langenharjo, Kec. Grogol, berjarak 6 km dari Kota Solo kearah selatan.
Fasilitas yang terrsedia : Tempat parkir, MCK, pemandian air panas

alt

Makam Balakan
Makam keturunan Raja Brawijaya sangat dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, pada malam Selasa Kliwon banyak dikunjungi para peziarah. Terletak di Desa Balakan (Mertan), Kec. Bendasari.

alt

Situs Kraton Kartosuro
Terletak di Kelurahan Kartosuro, Kec. Kartosuro, berjarak 25 km dari Kota Sukoharjo kearah barat. Kini Kraton Kartosuro tinggal bekasnya saja, dengan pagar tembok/beteng dari batu bata setebal 2-3 meter dan tinggi kurang lebih 3 meter. Peninggalan (petilasan) yang membuktikan keberadaan Kraton Kartasura, antara lain: Alun-alun, Kolam Segaran (sekarang menjadi lapangan), Gedong obat (dahulu gudang mesiu), Tembok berlubang akibat geger Pacinan, Sumur Madusaka yang digunakan untuk memandikan pusaka-pusaka kerajaan, Makam Bray. Sedah Mirah, masjid yang dibangun Sunan Paku Buwono II. Peninggalan-peninggalan lain adalah Genthong batu, Yoni, Lingga, Masjid Zaman Pakubuwana X serta tombak Kyai Jangkung dan Tombak Kyai Slamet

alt

Pandawa Water World
Pandawa Water World (PWW)  adalah daya tarik wisata  yang berlokasi  di Kawasan Solo Baru,  Kab. Sukoharjo,  hanya 1 km dari Kota Solo  ke arah Selatan. Sesuai namanya, Pandawa Water World, tokoh Pandawa Lima diabadikan di sana. Gaya arsitektur bangunan  tempat wisata air ini   merupakan  perpaduan antara unsur modern dan tradisonal.  Pengunjung tak sekadar bermain dalam dunia air, tetapi melakukan apresiasi terhadap dunia pewayangan. Berbagai fasilitas wisata air seperti kolam renang,  surving boogie, lazy river, Bungy Tower dll terdsedia di PWW.

alt

Keunikan Seni Budaya
Upacara Ritual Pulung Langse, merupakan tradisi adat Jawa yang dilaksanakan sejak jaman dahulu
Tarian Langenharjo, tarian khas Jawa yang dipagelarkan di Pesanggrahan langenharjo.

alt

Kuliner
Gempol pleret, terbuat dari tepung beras yang diberi santan dan gula jawa
Tengkleng, masakan menyerupai gule tetapi dari tulang-tulang kambing dan sangat khas cita rasanya.

alt

Cinderamata
Gamelan jawa, seperangkat alat musik berupa gamelan (pelog dan slendro ) yang berpusat di Desa Wirun.
Kerajinan Rotan, produknya berbagai macam, seperti kursi, kap lampu, tempat Koran  berpussat di Desa Trangsan, Kec. Gatak.
Kerajinan Tatah Sungging, hasil karya seni berupa wayang kulit, di Desa Madegondo dan Desa Telukan.