Selamat datang di Situs Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Dapatkan Informasi yang anda butuhkan di Portal ini.

Hal. Awal Wisata Kota Semarang
alt

KOTA SEMARANG
Kota Semarang merupakan Ibukota Provinsi Jawa Tengah, posisi geografis Kota Semarang terletak di pantai utara Jawa Tengah, yang dibatasi oleh sebelah barat Kabupaten Kendal, sebelah Timur Kabupaten Demak, sebelah selatan Kabupaten Semarang dan sebelah utara laut Jawa tepat pada garis 6 ° LS dan 110 °, 35 ° bujur timur. Luas wilayah sekitar 373.67 km² yang terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi. Tanggal 2 Mei 1547 ditetapkan sebagai hari jadi kota Semarang. Kota Semarang sebagai kota translit regional Jawa Tengah, juga mempunyai posisi yang penting ditingkat nasional baik dari segi ekonomi, politik, budaya, maupun tingkat keamanan. Sejak zaman penjajahan Belanda kota ini merupakan kota srategis didaerah pesisir utara kota Jawa, Semarang tumbuh menjadi kota perdagangan dan pusat pemerintahan kolonial Belanda. Banyak fasilitas tersedia seperi Pelabuhan Tanjung Mas, Bandar Udara A.Yani, Stasiun KA, Tawang dan Poncol, terminal  bus, fasilitas akomondasi yang berklasifikasi bintang dan melati dll. Dari sisi kepariwisataan Kota Semarang banyak memiliki potensi pariwisata yang baik alam, wisata budaya maupun wisata buatan, daya tarik wisata yang ada di Kota Semarang antara lain.
Wisata Alam : Kampoeng Wisata Taman Lele, Hutan Wisata  & Taman Rusa Tinjomoyo. Wisata Alam Goa Kreo, Taman Rekreasi Tanjung Mas, Taman Rekreasi Marina,. Wisata Buatan : Taman Puri Maerokoco, Museum Ronggowarsito, Museum Mandala Bhakti, Museum Jamu Jago & MURI, Museum Jamu Nyonya Meneer, Makam Ki Ageng Pandanaran, Taman Budaya Raden Saleh, Klenteng Gedong Batu (Sam Pong Kong), Semarang Kota Lama, Masjid Agung Jawa Tengah.Wisata Buatan : Taman Rekreasi Wonderia, Kolam Renang Ngalian Tirta Indah, Kolam Renang Pondok Indraprasti, Kolam Renang Gelanggang Pemuda Manunggal, Oasis Swimming Pool, Internasional Sports Club, Kolam Renang Villa Bukit Mas, Water Blaster.

alt

Kampoeng Wisata Taman Lele
Taman rekreasi keluarga dengan panorama alam sekitar dengan hawa yang sejuk, suasana alam perdesaan yang dapat dinikmati disini. Ditempat ini terdapat danau buatan yang dikelilingi gazebo. Diarea obyek disediakan tenoat penginapan, tempat bermain anak-anak, pda hari-hari tertentu diselenggarakan atraksi musik dan pertunjukan atraksi binatang. Terletak di Kecamatan Tugu10 Km dari Pusat Kota, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dan umum. Dibuka setiap hari pukul 08.00-18.00 WIB. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir, panggung hiburan, berbagai jenis mainan anak-anak, berbagai jenos burung dan reptil, rumah makan, arena wisata air, tempat penginapan dan kolam renang. Telp : (024-8664094)

alt

Taman Margasatwa
Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.1 (Jl. Raya Semarang Kendal Km.17) Taman meruapakan Tempat Konservasi yang memadukan konsep pendidikan (pembelajaran) & konsep Pariwisata. Disamping berbagai koleksi satwa yang dipelihara juga dilengkapi fasilitas bermain & sarana outbound. Dibuka untuk umu, mulai jam 08.00-17.00. Transportasi mudah karna berada dipinggir jalan raya, HTM: Everyday : 5000, Idul Fitri : 7500. Kantor pengelola, pakir Mushola, MCK, Telp. 024-8665899.

alt

Wisata Alam Goa Kreo
Goa Kreo terletak dilereng bukit dengan tebing yang curam yang berada pada ketinggian 3350 m diatas permukaan laut, menempati area seluas sekitar 153 ha di Dukuh Talkunkacang, Kecamatan Gunungpati, berjarak ± 15 Km dari pusat Kota Semarang. Ditempat ini mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi dan umum. Buka tiap hari mulai jam 08.00-18.00 WIB dan setiap tanggal 3 Syawal diadakan upacara sesaji Rewanda. Fasilitas yang tersedia : tempat parkir yang luas, MCK, shelter, tempat bermain anak-anak, kios makanan&minuman dan cinderamata, panggung terbuka, camping ground, menara pandang.

alt

Taman Rekreasi Tanjung Emas
Merupakan obyek wisata bahari, pengunjung dapat menikmati panorama laut, obyek ini banyak dikunjungi oleh para remaja, terletak disebalah timur pantai Marina atau sebelah barat pelabuhan Tanjung Emas dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum, karena lokasinya ditepi jalur menuju Pelabuhan Tanjung.

    

Taman Rekreasi Marina
Merupakan obyek wisata bahari, pengunjung dapat menikmati panorama laut atau bermain ski air. Marina terletak disebelah utara komplek PRPP Tawang Mas dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum . buka mulai jam 06.0 – 18.00. fasilitas yang tersedia : tempat parkir , MCK , kolam renang , jet ski , cafeteria , arena bermain anak , gazebo , jogging track, perahu motor untuk bermain ski air .

alt

Taman Puri Maerokoco
Obyek ini merupakan miniatur rumah-rumah tradisional dari seluruh kabupaten / kota se jawa tengah, menempati area seluas 23,84 ha . di area tersebut berdiri anjungan-anjungan rumah tradisional dari 35 kabupaten / kota se jawa tengah dan didalam anjungan dapat dilihat hasil dari kerajinan , foto-foto obyek wisata, pakaian tradisional , makanan dan minuman khas daerah masing masing . puri maerokoco  terletak 3 km dari bandara A. Yani Semarang atau lebih dikenal dengan kawasan PRPP tawang mas dan sekitar kawan ini terdapat tempat pemancingan kampung laut dan anjungan – anjungan PRPP Tawang mas. Untuk mencapai tempat tersebut mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dibuka untuk umum dari jam 08.00 sampai 18.00. Telp.(024)7617433

alt

Museum Ronggowarsito
Museum Negeri provinsi Jawa Tengah “Rongowarsito’’ diresmikan pada tanggal 5 juli 1989 memiliki lebih dari 50.000 buah koleksi yang mempunyai nilai arkeologis, historis dan budaya. Terbai dalam 10 jenis koleksi antara lain :  koleksi geologika , koleksi biologika , koleksi etnografika,koleksi arkeologika,  koleksi historika , koleksi numismatika, koleksi filologika , koleksi keramologika, seni rupa , teknologika . terletak di JL. Abdul Rahman Saleh No. 1 atau sekitar 1 km dari bandara A. Yani kearah selatan , mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Buka setiap Senin-Jumat pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Fasilitas yang tersidia : Tempat parkir , MCK , perpustakaan , ruang audio visual , coin box, ruang apresiasi , taman dan arena bermain. Telp : (024)7602389

alt

Keunikan Seni Budaya   
Dugderan, merupakan tradisi menyambut bulan Ramadhan, biasanya acara yang dilaksanakan dengan arak-arakan warak ngendok dan pengantin semarangan serta pasar malam.

alt

Kuliner
Lunpia, makanan ringan dari rebung yang digulung dengan tepung kemudian digoreng. Bandeng presto, ikan bandeng yang dimasak sedemikian rupa sehingga durinya menjadi lunak.